SOLOPOS.COM - Sepeda motor milik Sriyono, 55, warga Tegalrejo RT 003/RW 008, di Desa Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, hangus terbakar, Selasa (6/6/2023) dini hari. (Istimewa/Damkar Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Rumah warga di Tegalrejo RT 003/RW 008, Desa Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo terbakar pada Selasa (6/6/2023) dini hari. Sumber api diduga berasal dari sisa pembakaran jerami pakan ternak.

Camat Sukoharjo, Havid Danang Purnomo Widodo, mengatakan rumah yang terbakar itu milik Sriyono, 55. Musibah itu  terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Api membakar dua sapi, satu unit sepeda motor Honda Supra, pompa air, televisi, speaker, dan tiga sepeda onthel milik korban. Sriyono sendiri mengalami luka bakar sampai harus dilarikan ke rumah sakit.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Warga sempat membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum meminta bantuan pemadam kebakaran. “Pemerintah Kecamatan Sukoharjo  telah menyerahkan bantuan makanan dan uang tunai untuk korban,” terang Havid.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Kabid Damkar) Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengatakan tetangga depan rumah korban sempat melihat api berkobar dis ekitar rumah korban. Tetangga itu kemudian memberitahu pemilik rumah dan selanjutnya menelepon Damkar.

“Kebakaran terjadi karena api bedian atau pembakaran jerami untuk mengusir nyamuk. Akibat kejadian itu aset yang bisa diselamatkan hanya  30% dengan kerugian lebih dari Rp100 juta,” beber Margono. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.44 WIB.

Lebih jauh ia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bahaya kebakaran. Sepanjang 2023 hingga akhir Mei lalu, menurutnya, telah terjadi 37 kasus kebakaran dengan nilai kerugian Rp2,7 miliar. Kebakaran itu terjadi di 10 kecamatan, terbanyak di Grogol dengan 10 kasus. Kebakaran terjadi umumnya menimpa gudang, pabrik, rumah tinggal, kandang ternak, sampai dengan lahan kosong.

“Jangan membakar sampah sembarangan mengingat cuaca yang panas dan kering membuat benda semakin mudah terbakar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya