SOLOPOS.COM - Ilustrasi Karakter Rumah di Kawasan Laweyan, Solo (Facebook/ Fajar Wasono Kijj)

Solopos.com, SOLO — Rumah tertua di Jawa Tengah (Jateng) yang berada di Kampung Batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, adalah peninggalan Kerajaan Majapahit. Rumah ini berdiri di lahan seluas 24 hektare.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu (23/3/2022), bangunan rumah tertua di Jawa Tengah tersebut masih asli dari zaman awal dibangun, bahkan penghuninya bisa dikatakan 99% masih dihuni oleh generasi penerus dari leluhur terdahulu yang mendiami rumah tersebut. Adapun rumah tersebut terdiri dari tiga blok yang berjejer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Rumah Tertua di Jawa Tengah Ada di Kampung Batik Laweyan Solo

Arsitektur

Ketua Forum Pengembang Kampoeng Batik Laweyan, Alpha Fabela Priyatmono, menjelaskan bahwa rumah tersebut adalah satu-satunya yang masih asli. Secara teknik arsitektur, bangunan rumah tertua di Jateng tersebut dibangun tanpa menggunakan paku, namun mengaitkan kayu-kayu berbahan jati tua dengan teknik pasak.

Meskipun hanya dengan teknik pasak, kenyataannya bangunan rumah di Kampung Batik Laweyan Solo tersebut masih sangat kuat hingga sekarang.

Baca juga: Kisah Warga Bantaran Sungai Wiroko Wonogiri, Rumah Kebanjiran 7 Kali

Rumah dengan cat berwarna putih tanpa jendela ini di dalamnya ini menyimpan prasasti-prasasti tua. Lantainya pun masih batu bata buatan masa lampau yang tidak digantikan dengan keramik oleh sang tuan rumah.

Alpha menambahkan bahwa kecanggihan teknik arsitektur zaman dulu juga bisa dilihat dari sistem kunci pintu. Kunci pintu gerbang besar tua di sini tidak menggunakan kunci yang ada saat ini. Tetapi dibuat dengan sistem geser dengan cara mengunci dan membuka yang berbeda. Ada juga bagian rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik rumah tertua di Jateng itu untuk mebuka pintu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya