Rumah Tanpa Jamban di Kendal Susut 20.000 Unit

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Jumlah rumah yang belum memiliki jamban sendiri di Kabupaten Kendal sampai saat ini berjumlah 36.000 unit. Anngka itu sudah semakin menyusut dibandingkan dengan 2018 yang mencapai 56.000 unit.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kendal (DKK) Ferinando Rad Bonay menyampaikan saat pencanangan Program Open Defecation Free (ODF) tahun 2018, jumlah keluarga yang belum memiliki jamban sendiri sekitar 56.000 unit. Pada 2019 ini, angka tersebut sudah turun menjadi 36.000 unit.

“Sejak ODF dicanangkan pada 2018, jumlah keluarga yang tidak memiliki jamban di Kabupaten Kendal mengalami penurunan,” paparnya dalam siaran resmi, Rabu (14/8/2019).

Kondisi perkembangan program ODF itu disampaikan usai acara penyerahan bantuan dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kendal, Selasa (13/8/2019) di halaman Kantor Dinkes Kendal. Kedua organisasi profesi tersebut menyerahkan bantuan berupa semen dan kloset untuk masyarakat melalui Dinkes Kendal.

Ferinando menyampaikan, masyarakat sekarang semakin semakin sadar meninggalkan kebiasaan Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Mereka mulai melaksanakan pola hidup sehat dengan membangun jamban keluarga di rumah masing-masing.

Adapun, warga yang belum memiliki jamban, ikut menumpang di jamban milik kerabat. Pemerintah juga berupaya membangun jamban umum.

“Kepada warga yang masih belum mempunyai jamban sendiri, kami terus mendorong untuk melakukan BAB di jamban, walau jamban tersebut milik kerabat. Selain itu, pemerintah juga terus membangun jamban umum agar masyarakat tidak BAB sembarangan,” tuturnya.

Ferinando juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok dan organisasi yang sudah mulai ikut berpartisipasi mendukung program ODF di Kendal, seperti IDI dan IAI. Kabupaten Kendal menerima bantuan sebanyak 110 kloset dan 40 sak. Sejumlah 40 kloset dan 40 sak semen diberikan kepada warga, dan sisanya disalurkan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kendal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Babak Akhir Kasus Perusakan Nisan Makam Polokarto Sukoharjo, Pengurus dan Ahli Waris Bertemu

Kasus perusakan batu nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, berakhir setelah ahli waris dan pengurus dipertemukan.

Vaksinasi Anjing dan Kucing Cegah Penularan Rabies di Solo

VaksinasiĀ rabies secara gratis diberikan kepada hewan penularĀ rabies

Warga Sragen Jual Obat Terlarang Hingga Ratusan Butir per Hari, Pembeli Mayoritas Anak SMA

Aparat Satuan Narkorba Polres Sragen kembali menangkap seorang pengedar obat-obatan berbahaya.