Rumah Sakit di Klaten Kebanjiran Permintaan Rapid Test Mandiri
ilustrasi rapid test (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, KLATEN – Sejumlah rumah sakit di Klaten mulai dibanjiri permintaan rapid test secara mandiri untuk keperluan mencari surat keterangan dokter.

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSD Bagas Waras Klaten, Sigit Joko Nugroho, mengatakan permintaan rapid test berdatangan sejak pekan lalu. Awalnya jumlah warga yang meminta pelayanan rapid test secara mandiri dibatasi.

“Awalnya memang dibatasi hanya 15 permintaan setiap hari. Namun, hari Sabtu [30/5] kemarin itu lebih dari itu. sektiar 30-40 permintaan,” kata Sigit, Senin (1/6/2020).

Sigit menjelaskan tak ada persyaratan khusus bagi warga yang ingin melakukan rapid test secara mandiri untuk keperluan mendapatkan surat keterangan dari rumah sakit.

“Tidak perlu [surat pengantar dari desa] karena ini mandiri. Hanya identitas diri untuk kepentingan mendaftar. Prosesnya pemohon itu datang dapat nomor ke pendaftaran. Jadi pendaftaran ke kasir baru ke laboratorium. Hasilnya dibawa ke ruang intermediate untuk konsultasi dokter. Pelayanan setiap hari kerja mulai pukul 07.30 WIB,” jelas Sigit.

Tak Kuat Bayar Tagihan Listrik, Pemkot Solo Surati PLN

Biaya Rapid Test Mandiri

Tak hanya itu, ada biaya yang harus ditanggung pemohon ketika melakukan rapid test secara mandiri untuk kepentingan mencari surat keterangan dokter.

Untuk kepentingan menerbitkan surat keterangan rapid test di RSD Bagas Waras Klaten, biaya yang ditanggung pemohon Rp371.000. “Itu hanya untuk mandiri. Kalau untuk program itu gratis,” kata Sigit.

Pelaksana Humas RSU Islam Klaten, Agus Susanto, mengatakan sejak Kamis (28/5), RSU Islam kebanjiran pertanyaan dan permintaan soal pemeriksaan dan penerbitan surat keterangan rapid test.

“Banyak yang tanya kepada kami karena memang saat-saat ini banyak yang membutuhkan untuk perjalanan. Untuk jumlahnya berapa banyak kami belum merekap,” kata Agus.

Agus menjelaskan pelayanan pemeriksaan dan pembuatan surat keterangan rapid test dilayani di IGD saban hari dari pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Soal biaya, dia belum bersedia menyampaikan.

“Kalau ada yang tanya kami sampaikan. Yang jelas di RSU Islam bisa melayani untuk itu [pemeriksaan rapid test mandiri],” jelas Agus.

Hari Ini Dalam Sejarah: 1 Juni 1945, Hari Lahirnya Pancasila


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho