SOLOPOS.COM - Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus Corona (COVID-19) melintas di depan ruang isolasi sementara di Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). (Antara/Irwansyah Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Rumah Sakit Darurat Corona di Wisma Atlet siap digunakan untuk menangani pasien Covid-19 mulai Senin (23/3/2020) sore ini. Rumah sakit itu diyakini mampu menampung 24.000 orang namun baru disiapkan untuk 3.000 pasien.

Hindari Virus Corona, Gereja di Klaten Gelar Ibadah Online

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rumah sakit itu setiap ruangan ditata sedemikian rupa untuk mengakomodasi kebutuhan pasien, dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Semuanya akan ditempatkan dalam ruang-ruang yang berbeda.

Jokowi Siapkan Insentif Bagi Tenaga Kesehatan, Ini Perinciannya

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya juga melihat sarana dan prasarana siap baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, semuanya siap. APD [alat pelindung diri] juga siap,” kata Jokowi di sela-sela meninjau kesiapan Wisma Atlet untuk rumah sakit darurat corona di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Pengemudi Mobil Ancam Batuk Tularkan Corona saat Ditilang Polisi

Ia berharap dengan selesainya persiapan itu Wisma Atlet bisa dipakai sebagai rumah sakit darurat corona pada Senin sore ini. Kendati demikian, ia sebetulnya berharap rumah sakit ini tidak digunakan.

Iran Tolak Bantuan Amerika Serikat Perangi Virus Corona

“Artinya rumah sakit yang ada yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus corona ini,” terang Presiden Jokowi.

Distribusikan APD

10 Berita Terpopuler: ODP Corona Solo Jalan-Jalan - Hoaks Corona Solo

Pada kesempatan itu Jokowi juga menyatakan pemerintah telah mendistribusikan 105.000 APD ke seluruh rumah sakit dan pemerintah daerah di Tanah Air.

Kelangkaan APD yang sempat dikeluhkan rumah sakit dan tenaga medis merupakan masalah yang juga terjadi di semua negara terinfeksi Covid-19.

Solopos Hari Ini: Solo Lesu karena Virus Corona

“Perlu saya sampaikan bahwa sekarang ini 186 negara semuanya berebutan untuk mendapatakan baik APD, masker, hand sanitizer, semuanya, semua negara. Kita alhamdulillah, pada Sabtu [21/3/2020] kemarin kita telah siap lagi 105.000 APD,” tutur Jokowi.

Jalan di Sragen Ini Akan Dibangun Dengan Dana Rp160 Miliar

APD itu akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit meliputi 45.000 untuk untuk daerah DKI Jakarta, Bogor, dan Banten. Kemudian, 40.000 unit untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, dan Bali.

Round Up Corona Solo: Tambahan 1 Pasien Positif & 5 RS Rujukan

Lalu, 10.000 unit didistribusikan ke seluruh provinsi di luar Jawa dan 10.000 sisanya untuk cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya