SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rumah Roboh (Dok/JIBI/Solopos)

Rumah roboh di Klaten dialami warga Junut, Sukorini, Manisrenggo.

Solopos.com, KLATEN – Sebuah rumah di Dukuh Junut Kidul, RT 002/RW 001, Desa Sukorini, Manisrenggo ambruk Selasa siang. Beruntung dari kejadian itu, tak ada korban jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ambruknya rumah yang ditempati Suroso, 48, tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Seluruh bangunan rumah berukuran 9×9 meter ambruk. Beruntung dari kejadian itu, Suroso tak mengalami luka. Sementara perabot yang ada di dalam rumah seperti televisi rusak. Saat ini, Suroso tinggal di rumah kerabatnya yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Desa Sukorini, Siswanto, mengatakan selama ini Suroso tinggal di rumah itu seorang diri. “Kalau penyebabnya itu bukan karena angin atau hujan. Tetapi, memang bangunan sudah tua. Seluruh bangunan terbuat dari bahan bambu,” kata Siswanto saat dihubungi solopos.com, Rabu (16/3/2016).

Terkait robohnya rumah tersebut, pada Rabu pagi warga setempat dibantu sukarelawan dan TNI membersihkan reruntuhan bangunan. Pemerintah desa dibantu warga berencana mendirikan rumah sementara untuk ditinggali Suroso.

“Rencana akan kami dirikan rumah sementara berukuran 4×6 meter dari desa bekerja sama dengan donatur. Bangunan rumah itu juga sudah diusulkan untuk mendapatkan bantuan rehab RTLH [rumah tak layak huni],” terangnya.

Plt. Kepala BPBD Klaten, Bambang Sujarwo, mengatakan meski rumah roboh bukan lantaran bencana, bantuan logistik tetap diberikan. Hal itu sebagai bentuk kepedulian kepada Suroso yang selama ini tinggal sebatang kara. “Kami berikan bantuan logistik serta sukarelawan membantu pembersihan dan pendirian rumah sementara,” katanya.

Ia tak menampik selama ini kerap ditemukan RTLH roboh lantaran kondisi bangunan tua serta akibat bencana.

“Harapannya rumah-rumah seperti yang ditempati Suroso bisa mendapat bantuan rehab dari instansi terkait,” urai dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya