Rumah Pocong Sumi, Sering Dijadikan Tempat Uji Nyali

Bangunan yang berdiri pada tahun 1935 itu diklaim sebagai rumah angker karena mendapat sebutan sebagai Rumah Pocong Sumi.

 Rumah Pocong Sumi Kota Gede (Instagram/@mencertitakannusantara)

SOLOPOS.COM - Rumah Pocong Sumi Kota Gede (Instagram/@mencertitakannusantara)

Solopos.com, BANTUL — Di kawasan Kota Gede, Kabupaten Bantul, terdapat bangunan yang kerap dianggap sebagai rumah angker.  Bangunan yang berdiri pada tahun 1935 itu diklaim sebagai rumah angker karena mendapat sebutan sebagai Rumah Pocong Sumi.

Mengutip Liputan6.com, Jumat (30/7/2021), julukan sebagai Rumah Pocong Sumi ini dikarenakan sering ada sosok penampakan pocong yang dialami oleh orang sekitar bernama Sumi. Biasanya pocong Sumi muncul di teras rumah sekitar jam 22.00 WIB saat kondisi jalanan sedang sepi dan gelap.

Sebenarnya tidak hanya pocong sumi saja yang sering menampakkan diri, sering pula sosok kuntilanak, genderuwo, ular dengan mustika di kepala serta noni-noni Belanda. Namun yang cukup terkenal dan menguasai rumah adalah pocong Sumi.

Baca Juga : UMKM Kuliner Ini Cari Cara Bertahan Selama PPKM

Dari cerita yang beredar, rumah tua itu milik sepasang pengusaha batik yang diwariskan kepada anaknya bernama Sumini. Suami Sumini sendiri adalah seorang pengusaha batik. Keduanya hidup aman dan tentram sampai tiga orang perampok menyatroni rumah mereka. Saat itu, sang suami sedang tidak ada di rumah karena ada urusan pekerjaan.

Ketiga perampok tersebut menjarah harta benda di rumah pengusaha batik dan Sumini pun diperkosa oleh para perampok hingga dan dicekik hingga tewas. Seusai kejadian tragis tersebut, suami Sumini meninggalkan rumah dan rumah itupun ditinggal dengan tanpa penghuni. Hingga saat ini, banyak orang sekitar yang percaya bangunan itu menjadi rumah angker karena kejadian tragis yang dialami oleh Sumini.

Meskipun demikian, warga sekitar juga percaya bahwa pocong Sumi tidak punya niat jahat. Dirinya hanya menganggu orang-orang yang punya niat buruk saat memasuki rumah angker itu. Selain kisah Sumi, berkembang juga cerita lain bahwa sebenarnya Sumi bukanlah penghuni asli rumah angker tersebut.

Baca Juga : Nasib Pelaku Seni dan Wisata di Bantul Ketika PPKM Diperpanjang

Sebelum Sumini dan suaminya menempati rumah tersebut, sudah ada pasangan Belanda yang menempati rumah tersebut. Konon karena terjadi kesalahpahaman, sang suami membunuh istrinya sendiri dengan cara keci.  Pembunuhan itu dilakukan saat kondisi perempuan sedang hamil di kamar tidurnya.

Hingga kini ruang kamar tidur tempat kejadian tragis itu ditutup dan tidak seorang pun boleh masuk dan melihat kamar rahasia tersebut. Saat ini, Rumah Pocong Sumi menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Yogyakarta dan dijaga oleh seorang ahli kunci.

Meskipun memiliki aura mistis yang cukup menyeramkan, Rumah Pocong Sumi menjadi salah satu destinasi yang cukup banyak didatangi untuk berswafoto. Ada juga yang menjadikan rumah ini sebagai tempat uji nyali.

Pengunjung yang datang harus mematuhi beberapa peraturan agar tidak ada benda bersejarah yang rusak atau mendapat serangan gaib. Kabarnya, aura mistis pada rumah tersebut bisa membuat pengunjung pusing kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.