SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Rumah yang dihuni pasangan orang lanjut usia (lansia) di Ploso Jenar RT 004/RW 005, Kenteng, Purwantoro, Wonogiri, ludes terbakar, Kamis (4/4/2019) malam.

Beruntung, saat peristiwa terjadi penghuni tidak di rumah sehingga mereka selamat. Kebakaran diduga disebabkan api yang membakar kayu saat dikeringkan dengan bara. Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, kepada Solopos.com, Jumat (5/4/2019), menyampaikan kebakaran mengakibatkan pemilik rumah, Kartono, 80, mengalami kerugian material lebih kurang Rp15 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat itu Kartono menunggu istrinya yang dirawat di rumah anaknya. Jarak rumahnya dengan rumah anaknya lebih kurang 50 meter. Istri Kartono dirawat sejak beberapa hari lalu terakhir karena sakit.

Ekspedisi Mudik 2024

Iwan menceritakan sebelum meninggalkan rumah, Kartono memasak nasi di tungku kayu bakar. Setelah selesai dia menumpuk kayu basah di tungku yang masih terdapat material sisa pembakaran agar kayu cepat kering.

Selanjutnya dia menuju rumah anaknya untuk menunggui istrinya sekitar pukul 19.30 WIB. “Lebih kurang pukul 20.30 WIB ada tetangga Mbah Kartono, Kitri namanya, yang melihat rumah Mbah Kartono terbakar. Sontak dia memukul kentongan sambil teriak ada kebakaran. Api dapat dipadamkan warga beberapa lama kemudian. Namun, saat itu rumah Mbah Kartono sudah ludes terbakar. Api dengan cepat menjalar karena rumah Mbah Kartono berstruktur kayu dan bambu,” kata Iwan mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.

Dia mengimbau warga lebih berhati-hati. Sebelum meninggalkan rumah sebaiknya pastikan tidak ada kompor yang menyala atau tungku yang masih terdapat bara. Selain itu jangan sampai lupa mengunci rumah untuk menghindari aksi pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya