RUMAH MURAH : Perbankan Solo Jor-Joran Salurkan KPR Khusus Rumah Bersubsidi

RUMAH MURAH : Perbankan Solo Jor-Joran Salurkan KPR Khusus Rumah Bersubsidi

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kalnagan perbankan di Solo semakin agresif menyalurkan KPR rumah bersubsidi.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah perbankan di Solo bakal makin serius garap kredit pemilikan rumah (KPR) khususnya rumah bersubsidi. Masing-masing bank mematok target pertumbuhan KPR pada angka yang cukup agresif.

BNI Cabang Slamet Riyadi Solo, misalnya, tahun ini berharap bisa menyalurkan kredit konsumer yang mayoritas untuk KPR senilai Rp60 miliar atau tumbuh 24% dari KPR tahun 2017. Sedangkan BTN Solo menaikkan target KPR dari Rp420 miliar pada 2017 menjadi Rp507 miliar untuk tahun ini.

Assistant Vice President Pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis BNI Cabang Slamet Riyadi Solo, Lusiana Sulistyowati, mengatakan penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) di BNI baru dimulai lagi pada Agustus 2017. Tahun ini, BNI Slamet Riyadi Solo akan fokus garap FLPP.

Di sela-sela Pembukaan Real Estat Indonesia (REI) Solo, di Solo Grand Mall, Senin (19/2/2018), BNI melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan REI Solo agar bisa bekerja sama dengan lebih banyak pengembang untuk penyaluran KPR bersubsidi.

“Kalau tahun lalu kami baru bekerja sama dengan dua pengembang. Tahun ini semoga semua anggota REI bisa bekerja sama dengan BNI dan bisa membiayai perumahan subsidi,” kata Lusiana.

Dia tidak membatasi kuota KPR subsidi dari target Rp60 miliar tersebut. “Jika nanti semuanya untuk bersubsidi, ya tidak masalah.”

Branch Manager BTN Solo, Dwihatmo Arisumasto, menyampaikan setiap tahun kebutuhan rumah masyarakat akan terus meningkat. Meskipun tahun lalu target KPR senilai Rp420 miliar tak semuanya tercapai, khususnya untuk KPR komersil, namun tahun ini Dwihatmo lebih optimistis karena BTN akan memaksimalkan pembiayaan perumahan subsidi.

“Pasar rumah subsidi untuk Soloraya masih sangat bagus. Tahun lalu, target KPR subsidi kami tercapai, tapi KPR komersil hanya tercapai 90%, meskipun secara keseluruhan ada pertumbuhan 21% pada 2017,” ungkap dia.

Sekretaris REI Soloraya, Oma Nuryanto, optimistis pasar rumah bersubsidi tahun ini akan tumbuh. Awal tahun ini saja, sudah terlihat peningkatan penjualan rumah bersubsidi sekitar 30% dari periode yang sama tahun lalu. Padahal, harga rumah subsidi tahun ini naik menjadi Rp132 juta per unit dari harga tahun lalu Rp130 juta per unit.

REI Expo di SGM akan berlangsung hingga 25 Februari mendatang. Pameran diikuti 28 pengembang.

Ketua REI Soloraya, Anthony Abadi Hendro P., menyampaikan pameran bertujuan menggenjot penjualan rumah, mendukung pemerintah menyediakan satu juta unit rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan mencapai target pembangunan 5.000 rumah murah di Soloraya tahun ini.

"Selama pameran kami menargetkan penjualan 200 unit rumah," kata Anthony.

Berita Terkait

Berita Terkini

Manfaatkan Momen Ramadan dan Lebaran, Pameran UMKM Soloraya Digiatkan

Geliat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Soloraya menunjukkan tren positif setelah terdampak pandemi Covid-19.

Sasar Objek Wisata, Babinsa Bulu Sukoharjo Kampanyekan 5M

Koramil 03/Bulu Kodim 0726/Sukoharjo bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bulu terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan berupa 5M.

20.000 Pemudik Tiba di Karanganyar, Bupati: Mereka Pandai Cari Waktu Pulang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut para pemudik yang tiba di Bumi Intanpari sebelum Lebaran 2021 pandai mencari waktu pulang.

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Lebaran Virtual, ShopeePay Bagikan 4 Ide THR Unik dan Berkesan untuk Orang Tersayang

ShopeePay sediakan beragam produk dan layanan digital sebagai inspirasi THR Lebaran

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas