SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di rumah Wahyu Mardyanto, warga Dusun Kedungdadap RT 002/RW 005 Desa Eromoko, Eromoko, Wonogiri, Kamis (1/4/2021). (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI -- Rumah kontrakan milik Wahyu Mardyanto, warga Dusun Kedungdadap RT 002/RW 005 Desa/Kecamatan Eromoko, Wonogiri, terbakar pada Kamis (1/4/2021) pukul 13.30 WIB.

Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Camat Eromoko, Danang Erawanto, mengatakan rumah yang terbakar itu dikontrak empat orang penjual cincau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka merupakan warga Jawa Barat. Saat kejadian, semua penghuni tengah keluar sehingga tidak ada korban jiwa. "Sudah mengecek ke lokasi. Rumah induknya terbakar semua. Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Besok akan ada kerja bakti pembersihan puing-puing kebakaran," katanya kepada Solopos.com melalui telepon, Kamis.

Baca Juga: Komplotan Maling Baliho Soloraya Diduga Profesional, Sekali Aksi Bisa Kukut 8 MMT

Sementara itu, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Wonogiri, Joko Santosa, mengatakan mendapat laporan adanya rumah kontrakan di Eromoko yang terbakar sekitar pukul 13.45 WIB. Saat itu juga dua unit mobil Damkar dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Setelah mendapatkan laporan, 15 menit tim Damkar sudah di lokasi kejadian. Butuh sekitar 30 menit untuk memadamkan dan melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Kami dibantu TNI-Polri dan masyarakat," katanya melalui telepon.

Hubungan Pendek Arus Listrik

Joko mengatakan kebakaran itu diduga kuat karena hubungan pendek arus listrik atau korsleting. "Tidak ada korban jiwa. Tapi bangunan rumah habis terbakar. Termasuk sepeda motor, kulkas, dan televisi dalam rumah," ungkapnya.

Baca Juga: Ada Penyesuaian Jadwal KRL Jogja-Solo Mulai 1 April 2021, Ini Yang Berubah

Menurutnya, kerugian pemilik rumah kontrakan di Eromoko, Wonogiri, yang terbakar itu ditaksir mencapai Rp50 juta. Masyarakat diminta segera melaporkan ke tim Damkar jika ada kebakaran di sekitarnya. "Meski baru asap kebakaran yang terlihat, harus segera melaporkan. Jangan sampai membesar dan merembet ke lokasi sekitar," ujar dia.

Joko mengingatkan agar warga dapat memastikan instalasi listrik yang digunakan dalam kondisi aman. Instalasi listrik dan penggunaan listrik harus dipastikan sudah sesuai standar.

Pada sisi lain, kata Joko, pada Kamis pagi juga terjadi kebakaran kecil barber shop atau kios cukur di Lingkungan Kajen, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. "Kebakaran kecil dan mampu ditangani cepat. Hanya kasur yang terbakar," kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya