SOLOPOS.COM - tokobagus.com

tokobagus.com

Rumah yang diklaim adalah tempat persembunyian Presiden Soekarno saat di Jogja (tokobagus.com)

Solopos.com, SOLO – Rumah yang diklaim merupakan peninggalan Presiden pertama Indonesia Soekarno selama di Jogja akan dijual. Rumah yang terletak di Jalan Patangpuluhan, Kota Jogja  ini dijual di situs online Tokobagus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bangunan dan tanah yang dijual oleh akun Yuskalvin ini diklaim adalah bangunan yang dijadikan Istana Presiden Darurat saat terjadi agresi militer yang memaksa Soekarno harus bersembunyi di Yogyakarta. Iklan penjualan rumah ini diunggah pada Kamis (11/7/2013) dan dijual dengan harga Rp29.491.000.000.

Bangunan yang memiliki lima kamar tidur dan dua kamar mandi ini memiliki luas 500 meter persegi. Di dalam keterangan iklan tersebut rumah tersebut juga memiliki luas tanah 4.231 meter.

Dilansir dari laman Merdeka, Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhoningrat menyarankan pemerintah untuk membeli bangunan tersebut. “Harusnya bangunan itu dibeli oleh pemerintah pusat;” ujar Yudhoningrat.

Belum bisa dipastikan apakah bangunan tersebut masuk ke dalam Benda Cagar Budaya (BCB) atau tidak. Jika terbukti bangunan tersebut terdaftar sebagai BCB maka pemerintah wajib membeli salah satu aset bangsa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya