SOLOPOS.COM - Kompas Fengsui. (Depositphotos.com)

Solopos.com, JOGJA — Dalam bahasa Indonesia, fengsui bermakna letak bangunan atau rumah bersama bagian atau isinya yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap penghuninya. Menurut fengsui, rumah sebaiknya menghadap barat karena undang energi negatif.

Meskipun memberikan dampak positif, memiliki rumah menghadap barat menurut fengsui ternyata dapat mengundang energi negatif. Konon fengsui menganggap rumah hadap barat dapat mendapatkan energi negatif atau energi tidak baik pada penghuninya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang

Hal ini karena rumah akan terpapar oleh sinar matahari di sore hari yang konon kurang baik untuk kesehatan. Panasnya yang tidak nyaman juga mengandung energi negatif yang akan mempengaruhi penghuninya. Oleh karena itu, siasati energi negatif tersebut dengan tips yang satu ini.

Pertama, memiliki teras dan halaman yang lapang. Ketika mendesain rumah hadap barat, jangan lupa untuk menyiapkan lahan yang luas di depan rumah. Lahan luas tersebut dapat digunakan sebagai teras depan atau halaman depan yang lapang.

Cara Menetralisasi

Keberadaan lahan tersebut dapat berfungsi untuk menetralisasi energi atau radiasi dari matahari yang masuk ke rumah. Pemilik rumah juga dapat menyimpan penghalang vertikal yang ditambahkan oleh tanaman rambat agar udara yang masuk ke rumah diolah terlebih dahulu oleh tanaman.

Kedua, menggunakan fasad kaca khusus. Untuk rumah menghadap barat, penggunaan fasad menggunakan kaca sangat cocok untuk digunakan. Kaca lebih mudah memasukkan panas ke ruangan, dibandingkan dengan material seperti bata atau beton.

Baca Juga: Pandemi Pacu Lonjakan KDRT di Jepang

Pastikan kaca yang digunakan untuk fasad adalah kaca khusus, seperti kaca yang dilapisi film atau kaca yang bisa mengurangi radiasi sinar matahari. Selain itu, jika rumahmu masih terasa terik, kamu bisa menggunakan tirai pada jendela rumah.

Ketiga, Menanami pohon rindang. Solusi lain untuk menyiasati sinar matahari sore yang menyinari rumah hadap barat adalah dengan menanam pohon rindang pada area depan rumah. Dengan adanya pohon, rumah tidak akan tersorot langsung oleh sinar matahari, sehingga hunian tidak akan terasa panas. Keberadaan pohon juga dapat menyejukkan rumah dan membuat rumah terasa lebih adem.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya