SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Rumah beserta toko (ruko) milik Rohmad, 38, di Desa Samberan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, nyaris terbakar disebabkan bahan bakar minyak jenis pertalite yang dituangkan di dalam botol tumpah, Rabu (2/1/2018).

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Bowo Sasmito menjelaskan kebakaran bermula saat Rohmad menuangkan pertalite dari jeriken dengan memanfaatkan selang ke botol.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Namun, Rohmad meninggalkan pekerjaan menuangkan BBM ke botol dan pergi keluar toko pergi ke sawah, “BBM yang dituangkan dengan selang ke dalam botol itu meluber merambat ke perapian hingga mengakibatkan sembako dan sepeda motor di dalam toko terbakar,” ucapnya.

Kobaran api berhasil dipadamkan petugas Posko Damkar Kecamatan Baureno dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Kebakaran berhasil dipadamkan dengan cepat sehingga bangunan toko dan rumah berhasil diselamatkan. Perkiraan kerugian sekitar Rp20 juta, karena kebakaran hanya merusak barang-barang di dalam toko seperti sembako juga sepeda motor di dalam toko,” ucapnya.

Kepala Bidang Pemadaman Dinas Damkar Bojonegoro Sukirno menjelaskan memasuki musim hujan kerawanan kebakaran hutan dan lahan berkurang, tapi kebakaran permukiman tetap rawan terjadi.

Untuk kebakaran permukiman, sebagian besar akibat hubungan arus pendek listrik PLN, selain perapian, kompor gas, juga faktor yang lainnya. “Kebanyakan kabel listrik PLN di permukiman warga di wilayah pedesaan tidak standar sehingga memicu terjadinya hubungan arus pendek listrik,” ujarnya.

Data pada dinas damkar menyebutkan selama 2018 telah terjadi 164 kejadian kebakaran permukiman, juga bangunan lainnya, termasuk kebakaran hutan dan lahan dengan kerugian mencapai Rp6,5 miliar.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya