SOLOPOS.COM - Ruhut Sitompul (Bisnis/Muhammad Ridwan)

Solopos.com, JAKARTA—Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ruhut Sitompul dicap rasis setelah mengunggah foto diduga editan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan berpakaian adat Papua yaitu koteka.

Unggahan Ruhut Sitompul itu tidak hanya menghina Anies Baswedan tetapi juga orang Papua.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Hal itu dikatakan warganet yang juga dokter kardiologi dari Universitas Indonesia (UI) Berlian Idris merespons sikap Ruhut yang mengunggah foto diduga editan tersebut.

Baca Juga: Ruhut Buka-Bukaan Soal Kudeta Partai Demokrat, Sebut Banyak Penjilat di Sekitar AHY

“Ini betul-betul rasisme yang tidak lucu. Selain menghina Pak @aniesbaswedan, pak Ruhut juga menghina saudara kita orang Papua,” tulisnya, dikutip dari akun Twitter @berlianidris, Rabu (11/5/2022).

Idris menilai Ruhut Sitompul terkesan menganggap pakaian adat Papua sebagai lelucon dan patut ditertawakan. “Dia [Ruhut] seolah menganggap menggunakan pakaian adat Papua sebagai lelucon untuk ditertawakan,” ujarnya.

Pria yang juga akrab disapa Bili itu menegaskan perilaku Ruhut Sitompul tidak dapat dibiarkan, sebab apabila dibiarkan, Indonesia akan hancur karena melanggengkan rasisme. “Hancur Indonesia kalau perilaku seperti ini dibiarkan,” katanya.

Baca Juga: Ratusan Spanduk Anies & Erick Thohir Capres 2024 Mejeng di Jalur Mudik

Hal serupa disampaikan oleh mantan Menpora Roy Suryo. Menurutnya, foto hasil editan tersebut hoaks yang dinilai kampungan.

Sebelumnya, Ruhut Sitompul mengunggah foto diduga editan Anies Baswedan berpakaian adat Papua melalui akun Twitter pribadinya @ruhutsitompul.

“Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,” tulis Ruhut melalui akun Twitter pribadinya @ruhutsitompul, Rabu (11/5/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ruhut Unggah Foto Editan Anies Pakai Koteka, Warganet: Rasisme!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya