SOLOPOS.COM - Rudy saat memperkuat kesebelasan Pemkot Solo dalam turnamen memperingati Hari Olahraga Nasional tahun 2011 lalu. Kecintaan Rudy pada olahraga antara lain diwujudkan dengan hobinya mengoleksi kostum tim sepakbola, peran aktifnya saat menjabat Ketua Umum Persis dan kegemarannya ikut memperkuat kesebelasan Pemkot Solo dalam berbagai kesempatan bertanding. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Rudy saat memperkuat kesebelasan Pemkot Solo dalam turnamen memperingati Hari Olahraga Nasional tahun 2011 lalu. Kecintaan Rudy pada olahraga antara lain diwujudkan dengan hobinya mengoleksi kostum tim sepakbola, peran aktifnya saat menjabat Ketua Umum Persis dan kegemarannya ikut memperkuat kesebelasan Pemkot Solo dalam berbagai kesempatan bertanding. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Bertamu ke rumah pribadi FX Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo yang bakal segera berganti jabatan menjadi Walikota Solo Joko Widodo terasa menyegarkan. Di rumah bernuansa sederhana yang terletak di Jl Candisari 1, RT 002 RW 009 Pucangsawit, Jebres, Solo itu nuansa sejuk sangat terasa berkat puluhan pot tanaman hias gelombang cinta yang menyesaki halaman.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Orang Jawa bilang saya ini tipe yang suka thak thik thak thik [mengerjakan hal-hal kecil dengan ketelitian dan kesabaran]. Dulu saya hanya punya satu tanaman gelombang cinta, lalu saya bibit sendiri hingga jadi puluhan seperti sekarang. Saya tidak pernah beli tanaman,” paparnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Hobinya itu membawa banyak manfaat. Salah satunya bagi Rudy adalah memberikan nuansa kesegaran lingkungan. “berkat banyak tanaman ini walaupun di rumah saya tidak ada pohon tinggi tapi suasananya tetap sejuk. Bahkan kalau siang rumah saya tetap adem,” ujarnya.

Hobi lain Rudy adalah mengoleksi jersey atau kostum tim sepakbola dunia. Variasinya sangat beragam, mulai dari kostum klub-klub sepakbola dunia, tim nasional berbagai negara dan klub-klub lokal anggota PSSI. Jumlahnya mencapai ratusan helkai sehingga Rudy harus menyediakan satu lemari khusus untuk menyimpan semuanya. “Masih bagus semua. Kalau tim nasional favorit dari dulu saya selalu menjagokan Jerman,” kata mantan Ketua Umum Persis yang juga sering terjun langsung ke lapangan hijau memperkuat kesebelasan Pemkot Solo dalam berbagai pertandingan persahabatan ini.

Kegemaran lain Rudi adalah bermusik. Menurut penuturan seorang sahabat dari masa kecilnya, D Sularno, warga Pucangsawit, Rudy cukup piawai main gitar. Saat liburan sekolah menurut Sularno, dia dan Rudy biasa nongkring di warung wedangan atau hik untuk main gitar dan menyanyi. “Pak Rudy yang nggitar, saya nyanyi,” tutur Sularno. Koes Plus menjadi grup musik yang digandrungi Rudy. “Lirik lagu-lagunya sederhana, mudah dicerna, tapi punya makna yang sangat mendalam. Sampai sekarang saya masih punya koleksi album-albumnya,” papar Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya