Rudy Soal Pengganti Putut Gunawan: Baru 7 Hari, Tak Perlu Tergesa-gesa

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menyampaikan tanggapan tentang sosok pengganti politikus PDIP, Putut Gunawan di DPRD Kota Solo.

 Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan seusai kegiatan penanaman pohon di Sungai Bengawan Solo dalam rangka HUT PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan seusai kegiatan penanaman pohon di Sungai Bengawan Solo dalam rangka HUT PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menyampaikan tentang sosok pengganti politikus PDIP, Putut Gunawan.

Sepekan sejak Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, meninggal. Mulai muncul tanda siapa sosok yang akan menggantikan politikus PDIP itu.

PromosiKisah Kesaktian Sunan Bayat, Mengutuk Penyamun Jadi Manusia Domba

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancara wartawan di Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Jebres, Sabtu (29/1/2022), semula enggan membahas siapa kandidat pengganti antarwaktu koleganya. Tapi, akhirnya dia mau berbicara.

Baca Juga : Soal PAW Legislator DPRD Solo Putut Gunawan, Rudy: Nunggu 1.000 Hari

“Wo, itu baru tujuh harinan kemarin ta. Baru tujuh hari, masih teles itu makamnya. Eh, PAW [pergantian antar waktu] nanti kami rapatkan dulu. Ndak perlu tergesa-gesa,” ungkap dia.

Tapi, Rudy belum memastikan kapan pergantian itu akan dilakukan. Bahkan, saat awak media menebak pergantian dilakukan pada Februari 2022. Politikus kawakan Kota Bengawan tersebut tak mengonfirmasinya.

“Belum tentu [Februari],” kata dia.

Baca Juga : Legislator DPRD Solo Putut Gunawan Meninggal, Begini Ketentuan PAW-nya

Rudy menyatakan akan ada rapat DPC PDIP Solo membahas itu. Sementara, saat ditanya apakah calon pengganti antarwaktu diambil berdasarkan nomor urut perolehan suara di bawahnya, Rudy tak sependapat.

Menurut dia pergantian antarwaktu Putut di DPRD Solo bergantung kepada partai politik pengusung. “Tergantung partai itu nanti. Yang penting tidak ada istilah suap menyuap. Nek saya begitu saja. Nek partai memutuskan A ya itu yang harus dilakukan. Itu [pengganti antarwaktu] kan diserahkan kepada partai ta, undang-undangnya diserahkan partai,” urai dia.

Rudy mengatakan Putut Gunawan merupakan anggota DPRD Solo dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Solo, meliputi Kecamatan Jebres. “Nanti kami rapat DPC dulu terus kami usulkan [calon pengganti] ke DPP noh,” terang dia.

Baca Juga : Putut Gunawan Berpulang, Janji Rudy Tinggal Kenangan

Di sisi lain, sembari menunggu pengisian posisi Ketua Komisi IV DPRD Solo sepeninggal Putut Gunawan, kegiatan harian komisi dipimpin Agus Setyawan. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPRD Solo.

Seperti, saat rapat kerja Komisi IV DPRD Solo dengan pejabat Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo membahas kenaikan tarif retribusi para pedagang di Sriwedari, Selasa (25/1/2022).

“Kemarin karena ketua tidak ada, otomatis saya yang memimpin. Tetapi terkait hal-hal yang bersifat strategis, kami tidak berani mengambi keputusan apa-apa. Secara definitif belum ditentukan siapa ketuanya. Saya hanya mengisi kekosongan itu,” tutur dia.

Baca Juga : Putut Gunawan Berpulang, Bendera Setengah Tiang Berkibar di DPRD Solo

Keputusan-keputusan strategis yang Agus maksud seperti menentukan jadwal-jadwal kegiatan. “Selama belum ada keputusan siapa pimpinannya kan tidak berani. Kami tidak melangkah terlalu jauh karena tak punya kewenangan definitif.”

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Tabrak Pohon & Masuk Parit di Jaten Karanganyar, Warga Solo Meninggal

Pengendara motor asal Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo, Danis Wisnu Murti, 23, meninggal seusai terlibat kecelakaan tunggal di Jl. Solo-Sragen tepatnya Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (17/5/2022).

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.