SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memimpin aksi bersih-bersih sungai di Solo, Sabtu (28/1/2023) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ribuan kader PDIP Kota Solo melakukan aksi bersih-bersih Kali Pepe dan Kali Jenes, Solo, Sabtu (28/1/2023) pagi hingga siang. Kegiatan tersebut diikuti 5.400 kader dari 54 ranting, 150 kader dari lima pimpinan anak cabang (PAC), serta 540 sukarelawan Sibat dari 54 wilayah kelurahan di Kota Bengawan.

Bersih-bersih Kali Pepe mulai dari Terminal Tirtonadi di Gilingan, Banjarsari, hingga Pintu Air Demangan, Sewu, Jebres. Bersih-bersih sepanjang daerah aliran sungai itu diserahkan ke PAC PDIP Jebres dan PAC PDIP Banjarsari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan pembersihan sepanjang Kali Jenes, mulai dari Kelurahan Sangkrah sampai Kelurahan Pajang, dilakukan oleh PAC PDIP Pasar Kliwon, PAC PDIP Serengan, dan PAC PDIP Laweyan. Ada juga partisipasi sejumlah dinas Pemkot Solo seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), DPUPR Solo, serta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Solo. Masing-masing mengirimkan 10 personel.

Ada juga anggota Linmas dari masing-masing kelurahan. Aksi bersih-bersih dalam rangka HUT ke-50 PDIP tersebut dipimpin Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. Laki-laki berkumis itu tidak hanya memberi perintah, namun ikut pula melakukan kegiatan bersih-bersih, seperti memangkas rumput. Selain bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS) dari rumput liar dan sampah, ada juga kegiatan penanaman bibit pohon.

“Kerja bakti ini dalam rangka ulang tahun ke-50 PDIP sekaligus memberikan kado ulang tahun untuk Ibu Ketum PDIP, Prof Dr Hc Megawati Soekarnoputri. Kegiatan ini juga untuk mengajak kader PDIP agar merawat bumi,” ujar Rudy, sapaan akrabnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan kegiatan bersih-bersih sungai penting dilakukan agar daerah alirannya bersih dari rumput dan sampah. Apalagi saat ini sedang musim penghujan. Curah hujan dan intensitasnya sedang tinggi-tingginya.
Dengan kondisi itu, sungai harus bersih agar air bisa mengalir lancar dan tidak meluap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya