SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KULONPROGO—Mayoritas fasilitas umum di Kulonprogo tidak menyediakan fasilitas akses untuk difabel.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo, Riyadi Sunarto mengakui, banyak fasilitas umum termasuk perkantoran milik pemerintah kabupaten yang tidak menyiapkan akses untuk penyandang disabilitas.

“Saya sudah survei, hanya gedung DPRD yang memiliki akses bagi kaum disabilitas,” ujarnya saat ditemui di Aula A Dinsoskanertrans Jumat (27/7) siang.

Bahkan, menurut Riyadi, Gedung Joglo yang sehari-hari ditempati Bupati Kulonprogo juga tidak memiliki akses untuk kaum disabilitas. “Setelah saya berikan masukan baru dibuat. Termasuk kantor saya juga awalnya tidak ada tapi kemudian saya bikinkan,” ujarnya.

Menurut Riyadi, percuma jika ada kantor dan berbagai fasilitas publik lainnya dibuat megah seperti Gedung Kaca tapi ternyata tidak memiliki akses untuk warga yang tidak sama dengan orang kebanyakan.

Oleh karena itu, menurut Riyadi seharusnya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mendata untuk mempersiapkan berbagai akses bagi kaum difabel. Menurut Riyadi, hal tersebut perlu secepatnya dilakukan.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya