SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang, Jawa Tengah mengembangkan layanan rawat jalannya dengan pembangunan gedung tiga lantai berdesain modern. “Kami apresiasi jajaran RSUD Wongsonegoro, terutama Bu Susi (Direktur RSUD, red.) yang mampu menjadi teamwork yang hebat,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Rabu (28/11/2018).

Hal tersebut diungkapkan politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi itu saat groundbreaking pembangunan Gedung Rawat Jalan RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro berlantai tiga. Hendi menjelaskan selama ini jajaran RSUD KRMT Wongsonegoro mampu menginterpretasikan visi pemerintah dalam mengakomodasi kebutuhan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Menurut dia, RSUD KRMT Wongsonegoro berintegrasi dengan pengembangan layanan Universal Coverage Health (UHC) sebagai jujukan utama yang harus terbangun secara menyeluruh. Bukan hanya sebatas pada pelayanan rawat inap dengan penambahan kapasitas tempat tidur, kata dia, melainkan juga pengembangan fasilitas rawat jalan kepada masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Insya Allah, nantinya gedung rawat jalan akan lebih luas sehingga masyarakat merasa lebih nyaman, pasien tidak perlu antre panjang, apalagi sampai berdesak-desakan,” katanya.

Terlebih lagi, kata Hendi, RSUD KRMT Wongsonegoro tengah mengembangkan aplikasi online yang memungkinkan pasien mendaftar dari rumah sebagai bagian dari terobosan pelayanan. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Semarang tersebut mengapresiasi perhatian Neo Green Tec dari Korea Selatan yang telah menghibahkan incenerator atau alat pengolah limbah medis.

Insenerator senilai Rp2,3 miliar yang dihibahkan kepada RSUD KRMT Wongsonegoro itu mampu mengolah limbah medis melalui pembakaran agar steril dengan kapasitas 50 meter kubik/jam. “Ini sangat berarti bagi RSUD yang sekarang ini hanya punya satu insenerator berkapasitas 200 meter kubik/jam. Aktivitas pelayanan masyarakat semakin lama pasti semakin meningkat,” katanya.

Selain itu, Hendi mengatakan peralatan tersebut berasal dari pendanaan pihak ketiga berbentuk hibah dengan konsep corporate social responsibility (CSR) sebagai bentuk bergerak bersama untuk Semarang.

Sementara itu, Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang dr Susi Herawati menyebutkan pembangunan gedung rawat jalan tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp99,132 miliar. “Di lantai satu, ada fasilitas publik, ekonomi, kuliner, perbankan, kemudian 27 klinik rawat jalan terintegrasi di lantai dua, serta area perkantoran dan ruang pertemuan berkapasitas 500 orang di lantai tiga,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya