SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates ikut sibuk mempersiapkan diri menghadapi penyelenggaraan Pemilu.

Kesiapan RSUD terutama mengantisipasi kemungkinan adanya calon legislator (Caleg) yang terserang gangguan jiwa setelah gagal mendulang suara dalam Pemilu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Pelayanan RSUD Wates, Witarto mengatakan, RS itu sudah komitmen untuk intensif menangani kemungkinan adanya caleg stres akibat gagal dalam Pemilu.

“Kami saat ini telah menyiapkan dokter ahli jiwa, untuk penanganan pasien rawat jalan, terutama gangguan jiwa ringan hingga sedang, misalkan depresi,” ujar Witarto, Rabu (2/4/2014).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika gejala depresi diikuti gangguan penyakit lainnya, RSUD sudah memiliki metode penanganan tersendiri sesuai standar.

“Kami hanya memiliki satu orang dokter ahli jiwa, namun jika caleg mengalami depresi dan komplikasi penyakit lain, kami juga punya dokter bedah, dokter penyakit dalam, dokter THT dan lainnya”, terangnya.

Adapun untuk gangguan jiwa berat , misalnya mencoba bunuh diri, pihak RSUD akan berupaya menyelamatkan pasien terlebih dahulu, sebelum dirawat intensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya