RSUD Waras Wiris Boyolali Siapkan Gedung Khusus Pasien Covid-19
Gedung Eidelweis RSUD Waras Wiris, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, disiapkan untuk menampung pasien Covid-19, Selasa (1/12/2020). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Persiapan penambahan bangsal khusus pasien Covid-19 yang direncanakan diadakan di RSUD Waras Wiris, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, telah dilakukan. Penambahan fasilitas itu juga dilakukan dalam rangka pengantisipasi penambahan kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengatakan penambahan bangsal khusus pasien Covid-19 dilakukan karena mulai adanya kecenderungan peningkatan kasus dengan kondisi sedang hingga berat.

PDIP Targetkan Cawali Solo Gibran Menang Dengan Persentase Tertinggi Se-Jateng

"Mulai ada kecenderungan jumlah kasus yang terus meningkat. Terutama untuk kondisi berat. Ini untuk mengantisipasi sulitnya mendapatkan tempat perawatan. Sebab rumah sakit rujukan di Solo juga rata-rata penuh. Untuk itu Boyolali menambah kapasitas agar pasien bisa tertolong," kata dia kepada wartawan di sela kunjungannya di RSUD Waras Wiris, Selasa (1/12/2020).

Mengenai operasional bangsal tersebut, dia mengatakan secepatnya akan difungsikan. "Kalau bisa sebelum cuti bersama [akhir tahun]. Sekaligus menyiapan jika terjadi peningkatan kasus pasca cuti bersama," kata dia.

8 Kamar

Dia menjelaskan saat ini pihak RSUD Waras Wiris Boyolali sudah menyiapkan satu gedung untuk bangsal tersebut. Gedung bernama Eidelweis itu berada di rumah sakit sisi belakang. Terlihat sudah ada tempat tidur di masing-masing kamarnya.

"Gedung ini sudah ada delapan kamar. Setiap kamar bisa diisi dua tempat tidur. Sehingga kapasitas total bisa sampai 16 tempat tidur," kata dia.

Jelang PTM Sekolah, Satgas Covid-19 Sukoharjo Petakan Kondisi Kesehatan Seluruh Pendidik

Ratri menjelaskan bangsal tersebut nantinya akan digunakan khusus untuk menangani pasien Covid-19 dengan kondisi sedang hingga berat. Dengan begitu pemanfaatan bangsal itu adalah untuk perawatan intensif. "Kalau yang ringan tetap kami arahkan untuk isolasi mandiri atau menjalani perawatan di rusunawa atau ruang Brotowali II," lanjut dia.

Sementara itu Direktur RSUD Waras Wiris, dr. Puji Astuti, mengatakan saat ini persiapan sudah hampir menyeluruh. "Untuk persiapan sudah semua, kami tinggal menunggu kesiapan untuk SDM. Nanti menunggu arahan dari Dinas Kesehatan," jelas dia.

Sebagian Warga Sudah Terima Uang Ganti Rugi Tol, Ini Pesan Pjs Bupati Klaten



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom