Tutup Iklan

RSUD Soetomo Sulap Kontainer untuk Rawat Pasien Covid-19

RSUD Dr. Soetomo Surabaya mengubah lima kontainer masing-masing berisi lima bed untuk triage UGD pelayanan pasien positif Covid-19.

 Kontainer yang disulap untuk UGD pelayanan pasien Covid-19 di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kontainer yang disulap untuk UGD pelayanan pasien Covid-19 di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA — RSUD Dr. Soetomo Surabaya mengubah lima kontainer untuk triage UGD pelayanan pasien positif Covid-19. Masing-masing kontainer bisa menampung lima pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

Direktur RSUD Dr. Soetomo, Joni Wahyuhadi, mengatakan pengoperasian lima kontainer untuk triage UGD sudah mendapatkan izin dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Sore [Minggu] ini segera digunakan. Karena tadi ada sekitar 20 pasien yang akan dirawat di UGD masih menunggu di selasar. Dengan demikian, insya Allah nanti sore sudah tidak ada lagi pasien di selasar,” kata dia saat mendampingi Gubernur Jatim melihat kontainer UGD di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: Gubernur Jatim Minta Rumah Sakit di Madiun Raya Proaktif Isi Oksigen

Joni menuturkan pihaknya berkomitmen untuk tidak akan menutup layanan. Pihaknya juga akan melakukan pembenahan-pembenahan di dalam. Dengan cara menambah ruangan dan tenaga kesehatan (nakes) serta relawan.

“Bahkan, kami sedang merekrut dokter-dokter yang baru lulus. Meskipun, belum ada surat tanda registrasi (STR) nya. Kami sedang izin ke Menkes. Jadi itu langkah-langkah yang kami lakukan,” kata dia yang dikutip dari siaran pers Pemprov Jatim.

Joni menuturkan rencana area parkiran gedung RSUD Dr. Soetomo sebelah utara yang akan dijadikan ruangan pasien, kualitasnya High Care Unit (HCU). Pasien yang bisa dirawat dengan kategori sedang dan berat. Mesin-mesin anestesi yang ada di ICU akan disiapkan untuk membantu kebutuhan intensif care di ruangan tersebut.

“Mesin anestesi kita punya banyak, mesin-mesin ICU, ventilator kita punya banyak. Hanya tempatnya yang kita relokasi dari ICU pasien non-Covid-19 menjadi pasien Covid-19,” jelasnya.

Baca juga: Kabar Duka, Kades Cantik di Madiun Meninggal Terpapar Covid-19

Kontainer Untuk Pasien Covid-19 Sedang

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengaku bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih. Karena ada pihak yang menyumbangkan kontainer. Kontainer tersebut disulap menjadi menjadi triage UGD untuk merawat pasien Covud-19 dengan gejala sedang.

“Jadi, modelnya disekat menjadi lima bagian dan bisa menampung 25 orang. Masing-masing satu kamar tersedia lima bed. Termasuk Hepa Filter untuk bisa memberikan layanan bagi lima pasien,” kata dia.

Khofifah menuturkan kontainer yang disulap menjadi triage UGD bagi pasien Covid-19 gejala sedang. Kondisinya pun saat ini dinilai sudah siap memberikan pelayanan kesehatan.

“Bahkan, pasien yang sebelumnya berada di selasar, sudah mulai bergerak menuju kontainer yang disulap menjadi triage UGD,” kata dia.

Baca juga: 8 Juta Warga Jatim Telah Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Perinciannya

Selain kontainer untuk pasien Covid-19, kata dia, RSUD Dr. Soetomo juga sedang menyiapkan area parkir yang sudah disiapkan sejak dua pekan lalu. “Insya Allah, tanggal 14 Juli ini sudah bisa dimulai. Sebagian di antaranya untuk memberikan layanan IGD. Sebagian untuk ruang isolasi dengan kapasitas 150 tempat tidur,” kata Khofifah.

Gubernur menuturkan area parkir rumah sakit tersebut juga disulap menjadi ruang isolasi pasien Covid-19 terbagi enam level. Yaitu 3A dan 3B, lalu 4A dan 4B, serta 5A dan 5B. Area parkir ini akan dimaksimalkan untuk memberikan layanan kepada pasien Covid-19.

“Jadi, kita menambahkan ruang isolasi seperti ini karena yang datang ke RS Dr. Soetomo bukan hanya warga Surabaya. Melainkan pasien rujukan dari luar kota. Harus tetap ada layanan yang memberikan pengharapan. Layanan bagi seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas dia terkait kontainer pasien Covid-19.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Unipma Siap Gelar PTM, Mahasiswa Wajib Vaksin Covid-19 Dosis Satu

Pembelajaran tatap muka di Universitas PGRI Madiun (Unipma) direncanakan mulai pertengahan Oktober 2021.

Poligami, Pejabat BUMN Surabaya Divonis Penjara 14 Bulan

Seorang pejabat BUMN di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dijatuhi hukuman penjara 1 tahun dan 2 bulan karena melakukan poligami tanpa seizin istri pertama.

Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

Pemkot Madiun menggelar skrining atau pemeriksaan Covid-19 bagi siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah.

Korban Penculikan Pengusaha Sragen Melahirkan, Polisi Lakukan Tes DNA

Tim penyidik Satreskrim Polres Madiun Kota masih memeriksa pengusaha asal Sragen, DN, 36, karena diduga menculik dan mencabuli remaja 14 tahun asal Kota Madiun.

Gadis 14 Tahun Asal Kediri Ini Diduga Dibunuh Kekasihnya

Polisi berhasil mengungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap gadis asal Kediri, A, 14, melalui handphone korban yang ditemukan di lokasi kejadian.

Pabrik Kerupuk Ponorogo Kebakaran, Kerugian Capai Rp50 Juta

Sebuah pabrik kerupuk di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran hingga meludeskan puluhan kantong berisi kerupuk.

Jahanam! Ustaz di Trenggalek Cabuli 34 Santriwati Pakai Dalil Ini

Seorang ustaz di Trenggalek cabuli 34 santriwati dengan dalil murid harus menurut kepada guru.

Pengumuman, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menurunkan tarif rapid test antigen dari Rp85.000 menjadi Rp45.000 mulai 24 September 2021.

Kejari Madiun Tahan Tersangka Kasus Korupsi PBB-P2

Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun menahan satu tersangka dalam kasus korupsi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2).

3 Tahun Pimpin Kabupaten Madiun, Ini Pencapaian Kaji Mbing-Hari Wuryanto

Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Wakil Bupati Hari Wuryanto sudah memimpin Kabupaten Madiun tiga tahun.

3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Bangun Kabupaten Madiun dari Pinggiran

Pemerintah Kabupaten Madiun di tangan Bupati dan Wakil Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto ingin membangun dari pinggiran.

PT Inka Buat Peti Kemas Canggih Berpendingin, Cocok Angkut Ikan Laut

PT Inka Madiun membuat peti kemas berpendingin yang memudahkan nelayan dalam menyimpan ikan. Sumber dayanya hibrid sehingga tak boros baha bakar.

Salah Kaprah, Pasangan Kekasih di Madiun Justru Kompak Dalangi Pencurian

Perempuan Madiun, Dewi Ayu, nekat menggondol sepeda motor yang diparkir dengan kunci kontak menggantung. Motor tersebut dijual oleh kekasihnya.

Nahas, 3 Warga Ponorogo Luka-Luka Tertimpa Atap Rumah

Tiga warga Ponorogo menjadi korban atap rumah rumah mereka yang mendadak ambrol.

3 Tahun Ahmad Dawami-Hari Wuryanto: Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Madiun Gandeng UNS Bangun Kampus di Caruban

Mimpi Pemkab Madiun memiliki perguruan tinggi terwujud dengan berdirinya Kampus UNS Solo di Caruban.