RSUD Ngipang Solo Bakal Dibangun 6 Lantai, Apa Saja Fasilitasnya?

Pemkot Solo berencana mengembangkan RSUD Ngipang dengan membangun gedung setinggi enam lantai di lahan belakang rumah sakit.

 RSUD Ngipang, Banjarsari, Solo, (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

SOLOPOS.COM - RSUD Ngipang, Banjarsari, Solo, (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan melanjutkan pembangunan RSUD Ngipang Solo yang dirintis semasa Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dan Wawali Solo FX Hadi Rudyatmo sekitar sebelas tahun lalu.

Tidak main-main, Gibran sudah merancang tambahan gedung baru setinggi enam lantai di belakang gedung RSUD tersebut. Penjelasan tersebut ia sampaikan seusai mengunjungi RSUD Ngipang, Rabu (22/9/2021) siang.

“Iya [Pembangunan RSUD Ngipang akan dilanjutkan] lagi dirapatke, tanahnya kan sudah beres,” ujarnya kepada wartawan sembari berjalan menuju mobil dinasnya.

Menurut Gibran, RSUD Ngipang Solo selama ini menjadi rujukan pasien dari sejumlah RS lain. Pasien-pasien tersebut tidak hanya berasal dari Solo, tapi juga dari Soloraya dan Jawa Tengah (Jateng). Bahkan beberapa kali ada pasien yang berasal dari luar Jawa. “Maka kami harus segera melakukan ekspansi,” sambungnya.

Baca Juga: Ketua Tikus Pithi Ingin Rombak Sistem Pendidikan dengan Penjurusan Anak Sejak Dini

Ihwal lahan yang akan dipergunakan untuk gedung baru RSUD Ngipang, Gibran mengakui memang tak begitu luas, hanya sekitar 3.000 meter persegi.

Namun dengan lahan yang ada masih bisa dimanfaatkan untuk pembuatan gedung baru rumah sakit. “Saya bikin enam lantai saja. Soalnya lahan 3.000 meter persegi saja dan di tengah permukiman,” imbuhnya.

Jadi Rujukan RS Lain

Disinggung perkembangan RSUD Ngipang Solo yang dimulai ayahnya, Jokowi, Gibran mengatakan dokter di RS tersebut cukup lengkap. Bahkan ia menyebut dokter di RSUD Ngipang paling lengkap.

“Tadi juga ada beberapa rujukan dari RS lain. Jadi ya harus ini lah, kami lakukan ekspansi untuk menampung pasien biar tidak membeludak seperti tadi,” paparnya.

Baca Juga: Cegah Klaster Sekolah di Solo, Pemkot Gelar Swab Acak Saat PTM

Gibran mengakui selama ini antrean pasien di RSUD Ngipang sering membeludak saking banyaknya yang datang. Gedung baru enam lantai RSUD Ngipang yang akan dibangun Gibran nantinya akan melayani bermacam-macam pasien.

“Nanti ada beberapa poliklinik di gedung baru. Tapi nanti lah nek wis pasti wae. Kita baru pengajuan, anggarane ya wis dirancang dan DED [detail engineering design],” katanya tanpa mau menyebut anggaran yang dibutuhkan.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Ngipang Solo, Niken Yuliani Untari, mengatakan manajemen membeli tanah seluas 3.942 meter persegi di belakang gedung lama untuk membangun gedung baru setinggi enam lantai.

Penambahan Ruang Rawat Inap

Sejumlah fasilitas yang bakal ditambah di gedung baru adalah penambahan ruang rawat inap dari 110 unit menjadi 198 unit. Kemudian kamar operasi dari semula tiga unit menjadi lima unit.

Baca Juga: Diledek Kaesang Gaji Wali Kota Solo Kecil, Respons Gibran di Luar Dugaan

“Ruang tunggu poliklinik saat ini juga enggak terlalu luas. Kamar operasi kami terbatas, padahal kebutuhan operasi per hari cukup tinggi sampai 20 kali. Unit urologi RS kami menjadi rujukan tingkat nasional, kami punya layanan ESWL [extracorporeal shock wave lithotripsy] dan laser,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (22/9/2021).

Niken mengatakan Detail Engineering Design (DED) rencana perluasan gedung RSUD Ngipang Solo sudah mengemuka sejak 2020. Pembelian lahan dilakukan bertahap selama setahun.

Gedung baru akan dilengkapi lahan parkir yang memuat puluhan motor dan mobil. Kemudian terdapat layanan hemodialisa, instalasi gawat darurat (IGD). “Gedung baru juga akan dirancang menyesuaikan kejadian luar biasa [KLB]. Akan ada ruangan berbeda [khusus penanganan Covid-19] di lantai VI untuk isolasi, dan langsung terhubung lantai teratas untuk berjemur pasien,” kata Niken.


Berita Terkait

Berita Terkini

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.

Tanpa Penata Busana Pribadi, Ini Rahasia Cantik Selvi Ananda

Gaya busana Selvi Ananda selalu match dan terlihat anggun meskipun menggunakan aksesoris yang terkesan sederhana.

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.