SOLOPOS.COM - Ilustrasi akreditasi (JIBI/Solopos/Dok.)

AKREDITASI--Salah seorang anggota tim penilai akreditasi, dr Nonot Mulyono Mkes (kanan) memeriksa dokumen pelayanan pasien di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri saat melakukan penilaian di rumah sakit tersebut, Senin (12/12/2011).(FOTO:Espos/Trianto Hery Suryono)

Wonogiri (Solopos.com)–Pengelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri berharap tahun depan, 16 layanan pasien bisa diterapkan di rumah sakit milik Pemkab Wonogiri. Karenanya, Senin (12/12/2011), anggota tim Komite Akreditasi Rumas Sakit (KARS) yang diketuai dr Sutoto Mkes datang ke Wonogiri untuk melakukan penilaian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pernyataan itu disampaikan Direktur RSUD dr SMS Wonogiri, dr Hj Setyarini saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin. Menurutnya, selama ini RS yang dipimpinnya telah menyelesaikan 12 layanan pasien. “Tambahan empat layanan itu adalah pelayanan perawatan, pelayanan gizi, verinata risiko tinggi dan rehabilitasi medik.”

Lebih lanjut dikatakan oleh mantan Kepala Puskesmas Wonogiri ini, semua rumah sakit baik negeri ataupun swasta wajib memenuhi lima layanan dasar. “Standar rumah sakit, harus terakreditasi lima layanan dasar yakni administrasi dan manajemen, pelayanan medis, pelayanan IGD, pelayanan perawatan dan rekam medis. Lima layanan dasar itu wajib dimiliki oleh pengelola rumah sakit.”

Di RSUD dr SMS Wonogiri, ujarnya, pada 2011 ini telah lulus akreditasi 12 pelayanan, yaitu selain lima layanan dasar ditambah, pelayanan farmasi, K3, pelayanan radiologi, pelayanan laboratorium, pelayanan kamar operasi, pelayanan pengendalian infeksi dan pelayanan perinatal risiko tinggi.

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya