SOLOPOS.COM - Ruang isolasi di RSUD Kudus. (Antara)

Solopos.com, KUDUS -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, menambah ruang isolasi untuk perawatan pasien Covid-19. Hal ini guna menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan kasus penularan virus corona.

Mengutip Antara, Selasa (18/5/2021), pengelola rumah sakit memfungsikan kembali ruang perawatan VIP Anggrek 1 dengan kapasitas 16 tempat tidur untuk menambah ruang isolasi karena ruang isolasi pasien Covid-19 yang tersedia sudah hampir penuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ruang Dahlia yang selama ini disediakan untuk tempat isolasi memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 48 tempat tidur, ditambah di ruang ICU ada 10 tempat tidur. Sedangkan total pasien yang dirawat ada 53 orang," kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus, Abdul Aziz Achyar, di Kudus.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Kudus Buka Kembali Lowongan 415 Formasi Guru Berstatus PPPK

Ia menambahkan, pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi meliputi 31 pasien yang dikonfirmasi terserang Covid-19 dan 22 pasien suspect Covid-19. RSUD Loekmono Hadi Kudus tidak lagi menggunakan Ruang Anggrek 1 sebagai tempat isolasi pada awal Maret 2021 karena jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan sudah berkurang.

Namun Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus memperkirakan kasus penularan COVID-19 akan kembali meningkat mengingat masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan selama libur Lebaran. Ia memperkirakan puncak peningkatan kasus terjadi 10 hari seusai Lebaran, setelah perayaan Lebaran Ketupat.

Sebagai rumah sakit rujukan lini pertama, RSUD Kudus harus sigap merespons perkembangan kasus penularan virus corona. Oleh karena itu, rumah sakit memfungsikan kembali ruang perawatan VIP Anggrek 1 sebagai tempat isolasi dan jika perlu akan menggunakan ruang Melati 2 sebagai tambahan fasilitas isolasi.

Baca Juga : Memberi Makan Bulus, Gaya Syawalan Dusun Sumber Kudus

Kalau kedua ruang perawatan itu difungsikan sebagai tempat isolasi, maka RSUD Loekmono Hadi bisa menyediakan fasilitas isolasi dengan 108 tempat tidur pasien.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya