SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

RSUD Klaten ditarget beroperasi Agustus 2015.

Solopos.com, KLATEN Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten ditarget mulai beroperasi pada Agustus 2015 mendatang. RSUD yang dibangun Pemkab Klaten itu saat ini masih dalam tahap persiapan termasuk menunggu penetapan RSUD menjadi badan layanan umum daerah (BLUD).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur RSUD Bagas Waras, Limawan Budi Wibawa, mengatakan pembentukan BLUD tersebut masih dalam proses. Pengelolaan RSUD melalui BLUD itu wajib dilakukan lantaran diatur dalam undang-undang. “Nanti ada proses penelitian dari bagian hukum, ada tim penilai juga. Setelah itu rampung, baru nanti ditetapkan. Targetnya, pada Juni nanti sudah ditetapkan menjadi BLUD. RSUD menjadi BLUD itu sesuai undang-undang maupun permendagri,” kata dia saat ditemui di Setda Klaten, Jumat (15/5/2015).

Limawan mengatakan selain mempersiapkan syarat pembentukan BLUD, saat ini pengelola juga mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti beragam peralatan medis. “Untuk fisik RSUD masih dalam tahap finishing seperti ruang untuk bedah dan beberapa ruang lainnya,” terangnya.

Pada 2015, Pemkab kembali melakukan pembangunan di RSUD tersebut. Proyek pembangunan itu dimaksudkan untuk memperluas pelayanan dengan penambahan tiga gedung.

“Tahun ini ada penambahan lagi dan masih dalam tahap pembangunan dan bisa digunakan pada 2016. Rencananya ada penambahan 158 ruang. Yang siap pada 2015 ini ada 121 ruang terdiri dari rawat inap, ICU, PICU, NICU, hemodialisa, serta IGD,” ungkapnya.

Sebagian besar pegawai RSUD dimagangkan ke RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten. Ada sekitar 58 pegawai yang ditarik ke RSUD terdiri dari tenaga medis, paramedis, teknis, serta administrasi. Mereka merupakan pegawai yang sebelumnya bertugas di sejumlah instansi serta puskesmas.

Limawan juga mengatakan akan segera membuka perekrutan pegawai non-PNS. “Belum lama ini kami ke LKPP [Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa] untuk menanyakan proses perekrutan agar kami tidak salah,” ujarnya.

Limawan mengatakan RSUD tetap diupayakan bisa beroperasi pada 2015. Ditarget, RSUD siap melayani warga Klaten pada Agustus mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya