SOLOPOS.COM - RSU PKU Muhammadiyah Bantul menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Tapak Suci Tingkat Sekolah Dasar Se-DIY PKU Bantul Cup I. (Foto istimewa)

RSU PKU Muhammadiyah memperingati Milad ke-53

Harianjogja.com, BANTUL — RSU PKU Muhammadiyah Bantul menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Tapak Suci Tingkat Sekolah Dasar Se-DIY PKU Bantul Cup I untuk memperingati Milad ke-53. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut ini dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2017, bertempat di GOR Futsal PKU Bantul Gose Bantul. Kejuaraan ini diikuti 61 kontingen dengan perserta sebanyak 247.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dirut RSU PKU Muhammadiyah Bantul, Widiyanto Danang Prabowo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud peran serta RSU PKU Muhammadiyah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sejak usia dini melalui olahraga. Sebab merujuk data pasien, mereka banyak menderita penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan rutin berolahraga.

“Salah satu tujuannya untuk mengkampanyekan kesehatan sejak dini,” ucapnya pada Jumat (25/8/2017).

Selain itu, menurutnya, olahraga pencak silat ini penting untuk melatih fisik dan mental serta pembentukan karakter anak. Sehingga nantinya diharapkan mereka dapat menjadi generasi unggulan di masa depan.

Ketua Milad 53, Wahyu Priyono menambahkan melihat antusiasme para peserta, tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan dimunculkan lagi pada acara Milad RSU PKU Muhammadiyah Bantul mendatang. Hal tersebut sebagai salah satu bentuk apresiasi RSU PKU Muhammadiyah Bantul terhadap olah raga pencak silat, khususnya Tapak Suci sebagai salah satu ortom Muhammadiyah.

Guru Besar Tapak Suci Nasional, Fahrudin menyatakan pencak silat mulai menunjukkan geliat yang menggembirakan. Beberapa tahun lalu pencak silat sebagai seni beladiri asli Indonesia banyak ditinggalkan karena kalah pamor dengan beladiri asing. Namun sejak diakomodir di PON, Sea Games dan Asian Games pencak silat kembali dilirik masyarakat.

“Turnamen pencak silat harus terus diselenggarakan agar tercipta bibit muda baru yang mampu mengharumkan nama baik bangsa di kancah olahraga regional maupun internasional,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya