RSST Klaten Dapat Bantuan Oksigen, Cukup untuk Kebutuhan 15 Jam

Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan bantuan oksigen medis. Bantuan oksigen itu berasal dari salah satu BUMN.

 Warga melintas di pintu keluar RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten, Jumat (15/1/2021). RSST merekrut sukarelawan untuk membantu penanganan di ruang isolasi Covid-19. (Taufiq Sidik Prakoso/Solopos)

SOLOPOS.COM - Warga melintas di pintu keluar RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten, Jumat (15/1/2021). RSST merekrut sukarelawan untuk membantu penanganan di ruang isolasi Covid-19. (Taufiq Sidik Prakoso/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan bantuan oksigen medis. Bantuan oksigen itu berasal dari salah satu BUMN.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan bantuan itu diberikan sebagai respons surat yang dikirim pemkab. Sebelumnya, pemkab melayangkan surat ke sejumlah BUMN untuk meminta bantuan oksigen medis yang belakangan kebutuhannya meningkat seiring peningkatan kasus Covid-19 di Klaten.

Baca Juga: Ratusan Napi dan Tahanan Sragen Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

“Ada bantuan oksigen kemarin ke RSST dari Petrokimia. Ini kami proses lagi ke Pusri dan semoga dalam waktu dekat bisa dikirim lagi,” ungkap dia saat ditemui di GOR Gelarsena Klaten, Jumat (23/7/2021).

Soal stok oksigen di rumah sakit, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan bantuan diberikan ke RSST lantaran jumlah pasien paling banyak berada di RSST. Selain itu, rumah sakit tersebut juga disebut paling membutuhkan oksigen medis. “Karena memang di sana terlalu banyak,” jelas dia.

Disinggung stok oksigen medis rumah sakit di Klaten secara umum, Ronny mengatakan relatif masih aman meski stok menipis seiring masih tingginya kebutuhan. “Stok aman tetapi belum sampai seperti instruksi Menkes aman sampai tiga bulan. Mudah-mudahan stok aman sampai pekan depan,” jelas dia.

Subkoordinator Hukum Organisasi dan Humas RSST, Hendra Harmoko, mengatakan pasokan bantuan oksigen medis dari Petrokimia diterima pada Kamis sekitar pukul 15.00 WIB. Jumlah bantuan oksigen likuid yang diterima sekitar 60 in. Sementara, kapasitas tangki oksigen sentral di RSST sekitar 120 in.

Bantuan oksigen medis itu setidaknya bisa menutup kebutuhan oksigen medis di RSST yang juga kondisinya menipis menyusul tingginya kebutuhan setelah ada peningkatan kasus Covid-19 di Klaten akhir-akhir ini. “Dari hasil penghitungan teman di IPSRS [Instalasi Peralatan Medis Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit], setidaknya 60an in itu cukup untuk 13-15 jam. Karena memang kebutuhannya banyak, semua butuh oksigen sehingga kebutuhannya banyak,” jelas Hendra.

Baca Juga: Sejak Januari Terjadi 51 Kebakaran di Grobogan, Kerugian Rp6,5 Miliar

Hendra mengatakan akhir-akhir ini kebutuhan oksigen melonjak menyusul banyaknya jumlah pasien. “Sebelum ada kasus Covid-19 tangki oksigen diisi maksimal sekitar 100 in bisa digunakan untuk empat sampai lima hari. Tetapi kondisi saat ini hanya cukup sehari. Kami masih terus berupaya agar kebutuhan oksigen untuk pasien ini selalu terpenuhi dengan melakukan efisiensi penggunaan. Sekarang kami tidak hanya menggandeng satu penyedia saja tetapi sampai dua hingga tiga penyedia,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Laju Positif Sektor Pertanian Saat Pandemi, Ada Peran Pemerintah dan Generasi Milenial

Pertanian menjadi sektor yang memiliki laju positif karena peran pemerintah dan adanya keterlibatan generasi muda atau milenial dalam dunia pertanian.

Hujan Angin Terjang Girimarto Wonogiri, 1 Rumah Warga Rusak Parah

Satu rumah warga di Desa Jendi, Girimarto, Wonogiri, rusak parah akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Jumat siang.

Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk pada Oktober 2021 mendatang.

Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda, GTT Wonogiri Malah Senang

Kalangan GTT senior di Kabupaten Wonogiri berharap penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK merupakan sinyal baik.

Perjuangan Atlet Difabel Panahan Wonogiri Menuju Peparnas Papua, Pernah Latihan Pakai Alat dari Bambu

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Ratusan pekerja dan pelaku kegiatan di Pasar Klewer Solo ternyata belum divaksin Covid-19 padahal ditunjuk Kemendag untuk menerapkan PeduliLindungi.

Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

Puluhan mahasiswa anggota BEM Soloraya menggelar aksi unjuk rasa menuntut pemerintah menyesaikan persoalan pertanian.

Ditanya Soal Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024, Menko Airlangga: Masih Jauh Itu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di acara haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021)

Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melanjutkan psywar kepada AHHA PS Pati dengan menyebut sponsor Persis Solo lebih banyak.

Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Salah satu masjid tertua di Sragen yang terletak di Jetiskarangpung, Kalijambe, ternyata juga menyimpan pusaka pemberian Raja Solo.

Pengumuman PPPK Ditunda, Guru Honorer di Solo Pasrah

Guru honorer di Solo mengaku pasrah dengan adanya penundaan pengumuman seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.

Lokasi Perayaan Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten Ternyata Pernah Dipindah Lho...

Tradisi Yaa Qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom, Klaten, ternyata pernah dipindahkan ke tempat lain.

Bermodal Seragam Loreng, Warga Klaten Curi Aki Motor di Banmati Sukoharjo

Seorang warga Wonosari, Klaten, yang menyamar dengan memakai baju loreng mirip seragam TNI tepergok curi aki sepeda motor di Banmati, Sukoharjo.

Bakal Tampil di Peparnas Papua, Atlet Panahan Wonogiri Ternyata Berlatih di Tegalan

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Jos! Sidowayah Klaten Kembangkan Millenial Smartfarming Biar Petani Nggak Punah

Konsep millenial smartfarming yang dikembangkan di Desa Sidowayah Klaten memadukan teknologi dan manajemen pertanian.