SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Sebulan terakhir tim Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Solo berhasil menyelamatkan 38 korban pemasungan dari berbagai daerah di Soloraya, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora.

Aksi penyelamatan berupa penjemputan langsung ke rumah korban dilanjutkan dengan perawatan medis untuk jangka waktu tertentu. Langkah tim RSJD Solo terkait target program bebas pasung tahun 2012 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng).  “Sesuai Program Dinkes Jateng, tahun 2012 mendatang Jateng harus bebas pasung. Kami dari RSJD berpartisipasi dengan melakukan penjemputan 38 orang yang dipasung. Penjemputan ini baru kami lakukan Juni lalu,” ujar Puji Hartati SKM MKes, Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJD saat ditemui wartawan Senin  (11/7).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

38 Korban pasung berasal dari Kabupaten Sukoharjo lima orang, Karanganyar tiga orang, Grobogan lima orang dan sisanya dari Blora. Belum ada korban pasung dari Kota Solo dan kabupaten lain di Soloraya. Menurut Puji korban pasung yang sudah dibawa ke RSJD berasal dari golongan masyarakat tidak mampu. Sehingga biaya perawatan ditanggung pemerintah baik melalui Jamkesmas atau menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain 38 korban pasung yang sudah dirawat di RSJD, masih ada 11 korban pasung lainnya asal Cilacap dan tiga orang dari Rembang, yang sedang dalam upaya penjemputan.

(kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya