RSD Bagas Waras Klaten Layani Pemeriksaan Rapid Test Mandiri, Cek Tarifnya!
Ilustrasi tes virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- RSD Bagas Waras Klaten melayani pemeriksaan rapid test deteksi Covid-19 untuk kepentingan pribadi dengan tarif yang sudah ditentukan.

RSD Bagas Waras menegaskan tarif itu hanya berlaku bagi warga yang melakukan pemeriksaan secara mandiri untuk keperluan mencari surat keterangan dokter. Sementara rapid test untuk kepentingan pelacakan atau screening Covid-19 dipastikan gratis. 

RSD Bagas Waras menginformasikan tarif penerbitan surat keterangan dokter di rumah sakit milik Pemkab Klaten tersebut. Untuk tarif kesehatan umum Rp26.000, surat keterangan rapid test Rp371.000, dan surat keterangan dokter senilai Rp531.600.

5.505 Keluarga Wonogiri Dicoret Dari Daftar Penerima BST Kemensos dan BLT Dana Desa, Kenapa?

Direktur RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibawa, mengatakan tarif pemeriksaan rapid test diberlakukan bagi warga yang hendak membuat surat keterangan sehat untuk kepentingan pribadi. Kepentingan pribadi dimaksud termasuk untuk syarat perjalanan ke daerah lain.

“Tarif itu dikenakan ketika mandiri [untuk kepentingan perjalanan, pekerjaan, dan lainnya]. Untuk rujukan atau screening, berapa pun orangnya tidak dipungut biaya,” kata Limawan saat ditemui wartawan di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (28/5/2020).

Satuan Harga

Soal tarif, Limawan mengatakan sudah disesuaikan dengan satuan harga pencarian surat keterangan dokter. “Itu tarif biasa disesuaikan dengan perbup. Di sana ada satuan harganya,” urai dia.

BST di Desa Purworejo Gemolong Sragen Diduga Dipotong hingga Rp300.000, Kades Membantah

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha RSD Bagas Waras Klaten, Y Herry Martanto, mengatakan tarif pemeriksaan dokter dengan rapid test diperuntukkan masyarakat yang membutuhkan surat keterangan rapid test secara mandiri.

Kepentingan pribadi itu seperti penerbangan, perjalanan ke daerah lain, melamar pekerjaan, dan lainnya. “Untuk pasien yang masuk kategori ODP, OTG, PDP, positif Covid-19, pemeriksaan dan perawatan tidak dikenakan biaya atau gratis,” kata Herry.

Disinggung soal keuntungan, Herry menegaskan RSD Bagas Waras tak mencari keuntungan dari penerbitan surat pemeriksaan dokter dengan rapid test. Dia menjelaskan tarif itu disesuaikan dengan harga alat untuk rapid test serta pemeriksaan sesuai standar perbup.

Round Up Situasi Wabah Corona Kota Solo: 1 PDP Meninggal, Kasus Positif Tetap 33 Orang

“RSD Bagas Waras itu rumah sakit pemerintah. Jadi standar kami tidak mencari keuntungan. Tarif itu kami sampaikan jangan sampai dimanfaatkan pelayanan kesehatan lain yang mencari kesempatan dalam kesempitan [di tengah situasi pandemi Covid-19]. Kami memberikan pelayanan yang terjangkau,” jelas dia.

Herry mengatakan dalam pemeriksaan rapid test untuk kepentingan pribadi itu, alat yang digunakan merupakan hasil pengadaan RSD Bagas Waras, Klaten. Sementara alat rapid test bantuan pemerintah digunakan khusus untuk kepentingan pemeriksaan Covid-19.

Pengadaan Sendiri

“Yang digunakan untuk pemeriksaan kepentingan pribadi bukan alat bantuan pemerintah. Kami melakukan pengadaan sendiri. Jadi sudah kami pisahkan,” kata Herry.

Maaf, DKK Solo Tak Terbitkan Surat Keterangan Sehat Bagi Pemudik Yang Mau Balik ke Perantauan

Herry mengatakan sudah ada sejumlah warga yang datang ke RSD Bagas Waras Klaten melakukan pemeriksaan rapid test untuk kepentingan pribadi hingga Kamis sudah ada sekitar 25 orang.

Mereka melakukan pemeriksaan itu untuk keperluan membuat surat keterangan sehat guna kepentingan perjalanan dan lainnya.

Berikut daftar tarif penerbitan surat keterangan dokter RSD Bagas Waras Klaten

KIR KESEHATAN UMUM

Pendaftaran: Rp8.000

Pemeriksaan Poli Umum: Rp18.000

Total: Rp26.000

 

SURAT KETERANGAN RAPID TEST

Pendaftaran : Rp8.000

Pemeriksaan dr. Spesialis : Rp33.000

Rapid Test : Rp330.000

Total : Rp371.000

 

SURAT KETERANGAN DOKTER

Pendaftaran: Rp8.000

Pemeriksaan dr Spesialis: Rp33.000

Rapid Test: Rp330.000

Pemeriksaan Ro Thorax: Rp100.500

Pemeriksaan Darah Lengkap: Rp60.100

Total: Rp531.600

Sumber : RSD Bagas Waras Klaten (tau)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho