SOLOPOS.COM - Komandan Lanud Iswhajudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, melihat laboratorium PCR di RSAU dr. Efram Harsana, Kamis (8/10/2020). (Istimewa/Lanud Iswahjudi)

Solopos.com, MAGETAN -- Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Efram Harsana Lanud Iswahjudi kini memiliki ruang laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Dengan adanya fasilitas PCR ini, diharapkan diagnosis pasien Covid-19 di Madiun Raya bisa lebih cepat.

Laboratorium PCR yang diresmikan oleh Komandan Lanud Iswhajudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, pada Kamis (8/10/2020) tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertahanan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Danlanud menyampaikan dengan fasilitas PCR ini diharapkan penanganan pasien Covid-19 bisa cepat. Sehingga pasien yang terinfeksi bisa segera terdeteksi dan penularannya bisa dicegah. Selama ini, setiap pasien suspek Covid-19 atau hasil rapid test-nya reaktif, penanganannya membutuhkan waktu cukup lama. Karena sampel dahak yang akan diperiksa harus dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) di Surabaya.

Wali Kota Risma Menangis Lihat Fasum Rusak Akibat Demo Omnibus Law

Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya meresmikan ruang laboratorium PCR, Danlanud juga meresmikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan mobil Ambulans VIP. “Mobil ambulans VIP ini merupakan mobil baru yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas kesehatan yang memadai. Ini supaya menunjang pelayanan kesehatan,” jelas dia dalam keterangan tertulis yang diterima Madiunpos.com (jaringan Solopos Grup).

Ruang IGD yang diresmikan tersebut merupakan bangunan yang baru selesai direnovasi. Sementara itu, ruang laboratorium PCR adalah fasilitas kesehatan berupa peralatan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Termasuk mendeteksi material genetik virus corona.

Diprotes Warga, Pembukaan Lahan di Perkebunan Kopi Madiun Dihentikan

Iko menuturkan saat ini Kabupaten Magetan dan sekitarnya belum memiliki banyak fasilitas kesehatan. “Dengan adanya fasilitas kesehatan yang diresmikan pada hari ini, maka RSAU dr. Efram Harsana harus makin profesional. Baik terkait personel yang mengawaki maupun sistem manajemen pengelolaan rumah sakit,” kata Danlanud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya