SOLOPOS.COM - RS UMMI Bogor, lokasi Rizieq Syihab dirawat (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Polemik mengenai tes swab Rizieq Syihab belum berakhir. Bahkan izin RS UMMI Kota Bogor terancam ditutup oleh Satgas Covid-19. Karena dianggap tidak bersinergi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor terkait penanganan Rizieq.

Mengenai sanksi tersebut Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustian Syah mengatakan merujuk pada Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 107 tentang PSBMK Kota Bogor. Di mana ada sanksi bagi badan usaha yang kedapatan menghalangi upaya proses penegakan peraturan dalam menangani wabah menular. Sanksi maksimal bisa berupa penutupan izin usaha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ini dapat dikenakan sanksi sampai maksimalnya penutupan izin usaha. Jadi ada sanksi yang melekat pada nanti Rumah Sakit UMMI apabila tetap bersikukuh tidak mau melaporkan hasil swab dari pasien tersebut kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor," kata Agustian, kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020).

Bima Arya Tegur RS UMMI Terkait Tes Swab Rizieq Syihab

Agus mengatakan upaya untuk melakukan swab ulang terhadap Rizieq Syihab telah coba dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor. Namun, keluarga dari Rizieq Syihab yang saat itu dirawat di RS UMMI Bogor, menolak permintaan dari satgas.

"Hanya memang keluarga yang bersangkutan kurang berkenan karena alasannya baru paginya diswab," ujar Agus dilansir ari Detik.com.

Deteksi Dini Covid-19, Petugas KPPS se-Kecamatan Andong Boyolali Jalani Rapid Test

Namun, Agus menegaskan seharusnya pihak RS UMMI memiliki itikad baik untuk bisa bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Yakni melaporkan data pasien yang dirawatnya. Sementara, RS UMMI menutupi data hasil tes swab dari Rizieq Syihab.

"Tapi berikutnya ada di rumah sakit. Sejauh mana rumah sakit punya niat baik bekerja sama, berkoordinasi, bersinergi dengan Satgas Covid Kota Bogor. Karena ada kewajiban rumah sakit untuk melaporkan setiap pasien yang dirawat di rumah sakitnya. Terutama yang telah melakukan swab tes," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya