Tutup Iklan -->
RS Moewardi dan RSJD Solo Layani Tes Virus Corona Gratis
Ilustrasi hasil tes darah pasien positif virus corona. (Reuters)

Solopos.com, SEMARANG -- Sebanyak dua rumah sakit (RS) di Solo ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) untuk melayani tes virus corona gratis. Biaya tes virus corona di Solo ini sepenuhnya ditanggung Pemprov Jateng.

Tradisi Mondosiyo Di Karanganyar Diwarnai Upacara Lempar Ayam, Apa Maknanya?

"Jadi kalau Anda barusan bepergian ke luar negeri atau ke daerah yang ada pasien corona positif kemudian mengalami pilek, demam, batuk ya periksa saja. Biaya kami tanggung gratis," ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu (15/3/2020) dilansir Detik.com.

Dua rumah sakit tersebut adalah RSUD Dr Moewardi dan RSJD Solo.

Jan Ethes Ulang Tahun, Gibran Rakabuming: Tak Ada Pesta

Selain di solo, empat rumah sakit di Jateng ini juga melayani pemeriksaan tes virus corona gratis, di antaranya RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara, RSJD Dr Amino Gondohutomo Semarang, RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten dan RSUD Tugurejo Kota Semarang.

Jika setelah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan suspect corona, maka akan ditetapkan pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh Pemprov Jateng.

Pemkot Solo Melawan Eksekusi Sriwedari, Pejabat Dilarang Hadiri Rakor di PN

"Tapi kalau ternyata flu demam biasa ya pulang," lanjutnya.

Pasien Corona di Jateng

Sementara itu, di Jateng hingga Senin (16/3/2020) pagi, sudah ada empat pasien dinyatakan positif terinfeksi corona, satu di antaranya meninggal dunia pada Rabu (11/3/2020).

Ketiga pasien positif corona lainnya kini diisolasi di rumah sakit yang tersebar di Jateng. Satu di RSUD Dr Moewardi Solo, satu di RSUP Dr Kariadi Semarang, dan satu di RSUD Tidar Magelang.

Pilkada Solo: Akhir Saga Gibran & Purnomo Selama 6 Bulan, Siapa Kantongi Rekomendasi PDIP?

Ganjar Pranowo meminta kepada masyarakat untuk melapor jika pernah berkomunikasi atau melakukan kontak fisik de3ngan pasien positif corona. Bahkan, Pemprov Jateng telah menyediakan contact center virus corona Jateng.

Tidak usah takut, jangan malu nanti kita siapkan hotline jika ingin sampaikan secara tertutup. Saya sebutkan di sini kalau mau berkomunikasi saya sampaikan nomor teleponnya, 024 3580713 atau bisa ke 082313600560 sehingga bisa disampaikan dengan baik," pungkasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho