Tutup Iklan

RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali Tinggal Tunggu Alat-Tenaga Kesehatan

RS darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, ditargetkan siap menerima pasien dengan gejala ringan pada pekan depan.

 Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah pusat bakal menyulap Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali menjadi rumah sakit atau RS darurat Covid-19. Hal itu menyusul tingginya tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang tinggi di Solo dan sekitarnya.

Belasan RS Kota Bengawan merawat seribuan pasien yang tak hanya dari Solo, tapi juga Soloraya. Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan saat ini sejumlah pihak terkait tengah melakukan survei lokasi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi leading sector dengan melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan daerah sekitar. “Wakil Wali Kota Teguh Prakosa yang ke lokasi. Pemprov sebagai pemilik aset, dan mengundang kabupaten sekitar,” katanya kepada wartawan, melalui Zoom, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Jl Adi Sucipto Solo Ditutup 24 Jam, Ada 4 Titik Penyekatan

Sejauh ini, Ahyani melanjutkan RS di Solo menerima rujukan pasien asal Jawa Tengah sisi timur, seperti Grobogan, Pati, Kudus. Bahkan ada pula yang dari Jawa Timur sisi barat.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo itu menyampaikan kapasitas bed isolasi rumah sakit Solo sangat mepet sehingga Pemkot Solo merasa berkepentingan dengan diubahnya Asrama Haji Donohudan menjadi RS darurat.

Merawat Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

Asrama Haji Donohudan rencananya untuk merawat pasien Covid-19 bergejala ringan agar tidak dicampur dengan yang bergejala sedang hingga berat. Harapannya tingkat kesembuhan lebih besar.

Baca Juga: Kabar Duka, Sekjen Pasoepati Solo Anwar Sanusi Meninggal Dunia

“Kalau mereka digabung di RS, ya bisa tambah stres. Dipisah biar segera sembuh, sehingga RS bisa fokus menangani yang gejalanya sedang hingga berat,” jelasnya.

Soal rumah sakit lapangan (rumkitlap) milik TNI di Benteng Vastenburg, Ahyani menyebut akan dimaksimalkan untuk mengurangi beban RS.

Tenaga kesehatan (nakes) RS darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali disuplai dari pemerintah pusat, lantaran daerah sudah kelelahan. RS darurat itu ditargetkan bisa digunakan mulai pekan depan.

Baca Juga: Sebelum Positif Corona, Style Gibran Pakai Celana Retro Inggris Ini Curi Perhatian

Peranti sudah siap tinggal menunggu alat kesehatan dan nakesnya. Tempat tidur dan sejenisnya juga sudah siap karena sampai saat ini masih digunakan untuk pasien konfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.

Kapasitas Sama Dengan RSUD dr Moewardi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pasien rujukan dari luar kota biasanya sudah bergejala berat. Ia menyebut Asrama Haji Donohudan bisa menampung 300-an orang, sama seperti RSUD dr. Moewardi.

“Pasien tanpa gejala bisa di isolasi terpusat. Saat ini penataan empat bed, bisa dimaksimalkan delapan bed. Kalau bulan depan AHD bisa dioptimalkan, paling lama sebulan bisa mengurangi kepadatan pasien positif,” imbuhnya.

Baca Juga: Gibran Sebut Asrama Haji Donohudan Boyolali Bakal Jadi RS Darurat Covid-19

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana Asrama Haji Donohudan di-upgrade menjadi RS darurat Covid-19.

“Kami koordinasi dengan provinsi dan pusat. Menkes, Pak Luhut, PUPR. Dalam waktu dekat AHD di-upgrade jadi RS darurat,” katanya melalui Zoom, Rabu (14/7/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Terkait Rencana Reuni 212 di Manahan, Kodim 0735/Solo Back Up Polisi

Jajaran Kodim 0735/Solo memberikan dukungan penuh kepada Polresta Solo dalam menjaga kondusivitas wilayah mendekati Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Gandeng PMI Wonogiri, Desa Pule Gelar Latihan Sukarelawan Bencana

Pelatihan diikuti 20 sukarelawan Desa Pule dan tiga perwakilan PMI yang terdiri atas bagian kebencanaan, bantuan hidup dasar (BHD), dan water rescue  (penyelamatan di air).

Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Ada makam pinggir jalan di Pajang, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, yang dulu ternyata sumur. Kira-kira siapa yang dikubur di makam tersebut?

Dedy dan Suwardi Jadi Kandidat Kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen

Nama Dedy Endriyatno dan Suwardi mencuat sebagai kandidat kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen.

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.