Rp400 Juta untuk Perangi Penyalahgunaan Narkoba di Karanganyar

Rp400 Juta untuk Perangi Penyalahgunaan Narkoba di Karanganyar

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Polres Karanganyar mengelola anggaran Rp400 juta untuk memerangi penyalahgunaan narkoba.

Solopos.com, KARANGANYAR — Polres Karanganyar mengelola anggaran Rp80,9 miliar pada 2018. Anggaran yang dikelola Polres Karanganyar pada 2018 menurun apabila dibandingkan tahun lalu Rp86,9 miliar.

Hal itu mengacu pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2018. Di sisi lain, anggaran Satuan Narkoba Polres Karanganyar malah meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, melalui Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan Polres Karanganyar, Kompol Suyatmi, menjelaskan hasil analisa dan evaluasi penggunaan anggaran tahun 2017 dan rencana tahun 2018.

“Secara keseluruhan menurun sedikit dibanding tahun lalu Rp86,9 miliar. Tahun ini Rp80,9 miliar. Pemaparan DIPA dilakukan bersama elemen masyarakat dan jajaran perwira Polres Karanganyar, pekan lalu,” kata Suyatmi melalui siaran pers, Senin (22/1/2018).

Di sisi lain, Suyatmi menyampaikan anggaran salah satu satuan meningkat dibandingkan tahun lalu. Dia menyebut anggaran Satuan Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) meningkat dari Rp200 juta pada 2017 menjadi Rp400 juta pada 2018.

“Total yang kami kelola Rp80,9 miliar. Belanja pegawai Rp61,7 milliar; belanja modal Rp43,5 juta, dan belanja barang Rp19,1 milliar,” tutur Suyatmi.

Peningkatan anggaran Satuan Narkoba pada 2018 cukup beralasan. Polres Karanganyar berkomitmen berperang terhadap narkoba.

“Peningkatan anggaran Satuan Narkoba karena Polres Karanganyar fokus memberantas peredaran Narkoba di Karanganyar. Kenaikan anggaran itu untuk belanja barang di beberapa satuan dan yang paling banyak untuk kegiatan Satuan Narkoba,” jelas dia.

Tetapi, ada juga anggaran yang merosot tajam. Misalnya anggaran pada Sub Bagian Humas Polres Karanganyar semula Rp34 juta menjadi Rp17 juta.

Suyatmi menyampaikan Polres Karanganyar wajib menyosialisasikan anggaran tahun 2018 sebagai bentuk transparansi anggaran kepada seluruh anggota dan masyarakat. “Mereka [masyarakat] pengawas eksternal guna mendukung tugas-tugas Kepolisian,” ungkap dia.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menyampaikan anggaran tersebut untuk pelayanan masyarakat dan meningkatkan kinerja Kepolisian. Selain dua hal itu, anggaran digunakan untuk mendukung upaya penegakan hukum guna menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) aman dan kondusif di wilayah hukum Karanganyar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ada PPKM Level 4, Suroan dan Suran Agung di Madiun Kembali Ditiadakan

Forkopimda Kota Madiun telah menjalin kesepakatan dengan PSHT dan PSHW terkait peniadaan kegiatan Suroan dan Suran Agung.

Pesawat Presiden Indonesia Bersalin Warna, Seperti Apa Penampilan Pesawat Pemerintah Negara Lain?

Pesawat para pemimpin negara memang menarik sebagai bahan pengamatan. Bagaimana pun, pesawat itu menjadi simbol kewibawaan negara, sekaligus menjadi wahana promosi pula.

Jangan Lengah, Angka Positif Harian Covid-19 Masih Tinggi

Masih ada lima provinsi yang terjadi peningkatan kasus di atas 50 persen.

Lampu Penerangan 8 Ruas Jalan Sukoharjo Dipadamkan, Catat Lokasinya

Lampu penerangan delapan ruas jalan di Kabupaten Sukoharjo dipadamkan selama masa perpanjangan PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang.

Stok Obat Covid-19 di Bantul Aman Hingga Pertengahan Agustus

Dinas Kesehatan Bantul memastikan stok obat untuk pasien Covid-19 aman hingga pertengahan Agustus kendati demikian tetap ajukan ke Kemenkes.

FOTO : Ganjar Pranowo Kunjungi Pasien Isolasi di GOR Klaten

Gubernur Jawa Tengah meninjau warga di lokasi karantina GOR Gelarsena Klaten

Kena PHK saat Covid-19, Warga Karanganyar Ini Bertahan dengan Kacang Ndelik

Awal Brehita membangun usaha camilan kacang ndelik berawal dari iseng.

Kesal Tak Dibawa Berobat ke RSJ, ODGJ Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ asal Sragen nekat bakar rumah sendiri lantaran kesal tak dibawa berobat ke rumah sakit jiwa

Spesifikasi Oppo Reno 6, Ponsel Dengan Fitur Bokeh Flare Potrait

Perusahaan asal China, Oppo, meluncurkan produk barunya yakni Reno 6 pada Selasa (27/7/2021), dengan spesifikasi yang menarik.

Warung Kosong Pinggir Jl A Yani Kartasura Sukoharjo Ludes Terbakar

Warung kosong di Jl A Yani, Kartasura, Sukoharjo, tepatnya di belakang toko Relasi Jaya ludes terbakar pada Rabu (4/8/2021) petang.

Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong

Ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih tiga bulan yang dapat dipasarkan dengan mengundang pedagang dari Pasar Polokarto.

FOTO : Pembagian Oksigen Gratis di Loji Gandrung

Pengisian ulang oksigen gratis di Loji Gandrung