Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

 Aktivitas sukarelawan pemakaman jenazah pasien Covid-19. (Istimewa/SAR Poldes Sragen)

SOLOPOS.COM - Aktivitas sukarelawan pemakaman jenazah pasien Covid-19. (Istimewa/SAR Poldes Sragen)

Solopos.com, KARANGANYAR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar menghitung insentif dan pembelian alat pelindung diri (APD) pemulasaraan jenazah protokol kesehatan (prokes) Covid-19 mencapai Rp4 miliar yang belum dibayarkan sejak Juli lalu.

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD Karanganyar, Hardi, mengatakan pembayaran insentif dan pembelian APD untuk pemulasaraan jenazah Covid-19 terakhir dibayarkan untuk Maret sampai Juni lalu. Alokasi anggaran tersebut diambilkan dari daftar pelaksanaan anggaran (DPA) BPBD.

Baca juga: 29 Motor yang Disita Polisi Karanganyar Bisa Diambil, Ini Syaratnya!

Sedangkan Juli hingga September ini belum terlunasi.

“Kami akan ajukan ke Belanja Tak Terduga (BTT). Kalau dihitung nilainya untuk insentif saja Rp2 miliar dan pembelian APD juga sekitar Rp2 miliar. Jadi total mencapai Rp4 miliar,” kata dia saat dijumpai di kantornya pada Senin (27/9/2021).

Hardi mengatakan insentif akan diberikan kepada personel Satgas dan sukarelawan yang membantu pelaksanaan pemulasaraan jenazah. Di Karanganyar sendiri jumlah personil dan sukarelawan pemulasaraan jenazah Covid-19 ada sebanyak 250 orang.

Baca juga: Banyak Hajatan di Karanganyar Melanggar Prokes

Insentif tersebut diterima berbeda, berdasarkan indeks per kegiatan masing-masing personel. Dimana, insentif dibayarkan senilai Rp200.000 per orang per pemulasaraan jenazah.

“Jadi misal sehari melaksanakan dua kali pemulasaraan jenazah maka akan dihitung dua kegiatan,” jelasnya.

Insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 di tahun ini menurun Rp50.000 dibanding tahun lalu ditetapkan senilai Rp250.000. Insentif ini diberikan kepada personel Satgas dan sukarelawan yang melaksanakan pemulasaraan jenazah Covid-19.

Puncak Juni-Juli 2021

Selain insentif, Pemkab juga menanggung APD bagi petugas pemulasaraan. Biaya tersebut sebagian dibayarkan melalui DPA BPBD untuk Maret-Juni 2021. Namun setelah itu sampai sekarang belum dibayarkan dan baru akan mengajukan ke BTT.

“Pemulasaraan jenazah prokes Covid-19 mengalami puncaknya sekitar Juni-Juli kemarin. Dalam satu hari saja bisa 30 jenazah yang dimakamkan dengan prokes Covid-19,” tuturnya.

Baca juga: 3 Gedung Pemkab Karanganyar Ini Anti Oglangan, Kok Bisa?

Saat ini, kasus kematian dengan prosedur pemulasaraan Covid-19 menurun drastis seiring penurunan kasus corona di Kabupaten Karanganyar. Dalam sepekan kini hanya ada tiga pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19.

Tren kematian semakin berkurang di Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Berdarkan data Satgas Covid-19 Karanganyar, komulatif kasus meninggal konfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar sebanyak 1.370 hingga Sabtu (25/9/2021).

“Kami akan berkonsultasi ke Bupati Karanganyar Juliyatmono untuk keberlanjutan program pemulasaraan jenazah Covid-19. Apalagi melihat tren kasusnya menurun dan berangsur nol,” katanya.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar, Kurniadi Maulato sebelumnya mengatakan penggunaan BTT sudah mencapai Rp8 miliar, di antaranya untuk membayar insentif tenaga kesehatan (nakes), kebutuhan pemulasaraan jenazah dan operasional isolasi terpusat pasien Covid-19.

Baca juga: 6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks


Berita Terkait

Berita Terkini

Ternyata Waldjinah Tak Suka dan Enggan Menyanyikan Lagu Ini

Seumur hidup Waldjinah hanya sekali menyanyikan lagu berbahasa asing.

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.