Tutup Iklan -->
Rp3 Miliar Bakal Bikin Terang Jalan Karanganyar Utara
ilustrasi lampu penerangan jalan umum. (Solopos-Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelontorkan anggaran senilai Rp3 miliar guna memasang lampu penerangan jalan umum  di wilayah utara Bumi Intanpari.

Pemasangan lampu penerangan jalan itu diprediksi paling cepat Agustus mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar, Sundoro, kepada Solopos.com, Sabtu (28/7/2018).

Hingga sekarang, proyek pengadaan lampu penerangan jalan itu sudah masuk pelelangan di unit layanan pengadaan (ULP) Pemkab Karanganyar. “Tahun ini, kami menganggarkan senilai Rp3 miliar untuk penerangan jalan di wilayah utara. Daerahnya meliputi Kebakkramat, Mojogedang, Ngargoyoso, Jenawi, Kerjo, Colomadu, dan Gondangrejo. Semoga pertengahan Agustus sudah mulai action. Ini dalam rangka memberikan pelayanan ke masyarakat,” kata Sundoro.

Sundoro mengatakan penerangan jalan di wilayah utara merupakan kelanjutan proyek penerangan jalan di wilayah selatan. Hal itu termasuk di kawasan Jatipuro, Jumantono, Jatipuro, dan Jumapolo.

“Penerangan jalan di kawasan selatan juga mencakup Matesih. Lampu yang kami pasang adalah lampu model konvensional [bertenaga listrik]. Jadi bukan model solar cell. Melalui proyek penerangan jalan ini, kami harapkan warga semakin menikmati jalan yang sudah baik di malam hari [dengan penerangan yang cukup],” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar  tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan. Sepanjang 2018, Pemkab Karanganyar berencana meningkatkan kondisi jalan di 34 ruas jalan utama. Rata-rata setiap peningkatan jalan di Karanganyar membutuhkan anggaran hampir Rp1 miliar.

“Kami sudah merampungkan peningkatan jalan di kawasan Colomadu [jalan Colomadu-Banyuanyar, Bolon-Klegen, dan Colomadu-Kalipati]. Selebihnya, menunggu proses lelang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karanganyar, Darmanto.



Avatar
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho