SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 280 rumah tak layak huni (RTLH) di Kota Madiun, Jawa Timur, akan dibenahi tahun ini mengunakan dana bantuan dari Pemkot Madiun senilai total Rp2,8 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Soeko Dwi Handiarto, mengatakan perbaikan RTLH merupakan upaya Pemkot Madiun dalam rangka mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap perumahan. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini data fix belum kita peroleh, nantinya hasil musrenbang diseleksi sesuai pagu yang tersedia yaitu 280 rumah,” ujar Soeko kepada wartawan di Madiun, Kamis (14/3/2019).

Meski terdapat pagu 280 unit rumah, ungkap dia, namun dimungkinkan jumlah realisasi yang diperbaiki akan berkurang.

Hal itu karena rumah yang diperbaiki akan diseleksi lagi sesuai dengan kriteria yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota Madiun Nomor 42 tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Perbaikan RTLH.

Sehingga diharapkan dapat diperoleh sasaran yang tepat dengan asumsi maksimal nilai bantuan perbaikan senilai Rp10 juta per rumah.

Adapun kriteria kondisi rumah yang layak mendapat bantuan program RTLH antara lain, tingkat kerusakan dari sisi keselamatan yang membahayakan. Seperti atap lapuk, dinding retak, atau lantai bermasalah. 

“Meski per rumah dijatah Rp10 juta, nanti tidak mendapatkan 10 juta utuh. Semua masih tergantung pada kondisi. Saat ini kami masih dalam tahapan proses penjaringan,” kata dia.

Soeko menjelaskan setelah pihaknya melakukan pencocokan data, biasanya nantinya jumlah yang ada bisa berkurang. Seperti yang terjadi pada tahun 2018 lalu.

Setelah melakukan pencocokan data, pengecekan fisik dan validasi, jumlah RTLH yang mendapat bantuan menjadi 278 dari pagu 280 rumah. Dengan rincian, Kecamatan Manguharjo sejumlah 151, Kecamatan Kartoharjo 40, dan Kecamatan Taman sejumlah 87 rumah.

Sedangkan untuk pelaksanaannya di lapangan, Soeko menargetkan akan merealisasikannya pada bulan Juni mendatang. Ia berharap, ke depannya untuk jumlah RTLH di Kota Madiun terus mengalami penurunan. Sehingga dapat menjadi indikator kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, jumlah dana yang dialokasikan tahun ini untuk bantuan RTLH menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp4,3 miliar. Hal itu seirng dengan jumlah RTLH di Kota Madiun yang juga berkurang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya