Ilustrasi renovasi sekolah. (Antara)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 20 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Semarang pada tahun anggaran ini mendapatkan dana untuk merenovasi gedung, pembangunan sarana dan prasarana. Total anggaran pada nomenklatur itu lebih dari Rp17 miliar.

Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kota Semarang Yudia Setiandradi mengatakan pada tahun ini ada 20 sekolah yang mendapatkan anggaran renovasi dan perbaikan sarana-prasarana, dengan nilai total Rp17.2 miliar "Dana perbaikan dan pengadaan ini anggaran dari pemkot melalui disdik dan distaru," katanya, Selasa (16/7/2019).

Pria yang akrab disapa Yudi ini memaparkan, ke 20 sekolah itu asalah SMP negeri 1, 2, 4, 5, 13, 15, 17, 19, 20, 23, 24, 25, 31, 34, 38, 41, 42, 43, 44, 45. Khusus pembangunan SMPN 1 dan SMPN 45, menggunakan anggaran dari Distaru. "Sebanyak 18 sekolah sisanya anggaran dari Disdik," jelasnya.

Dia menuturkan untuk anggaran dari Disdik, selain pembangunan juga digunakan pengadaan sarpras seperti meja dan kursi siswa. Sejumlah proyek pembangunan sekolah sendiri, saat ini, sudah mulai dikerjakan, misalnya di SMPN 1 Semarang, yang Agustus nanti mulai pembangunan fisik.

"Untuk SMPN 1 Semarang, pembangunan dilakukan karena gedung lama sudah usang dan rapuh, sehingga membahayakan siswa. Agustus ini mulai dibangun, targetnya November ini selesai, " kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri.

Untuk pembangunan di SMPN 1 Semarang menurut Gunawan berlangsung dua tahap. Menggunakan APBD Pemkot Semarang, total dana yang digunakan Rp6,4 miliar. "Pakai APBD. Tahap 1 tahun 2019 Rp3 miliar, tahap 2 tahun 2020 Rp3,4 miliar," jelasnya

Tak hanya di SMPN 1 Semarang, menurut Gunawan beberapa sekolah di Semarang juga diperbarui maupun diperbaiki. Misalnya khusus SMPN 34 Semarang yang beberapa ruangan sekolah ditinggikan untuk mengatasi banjir di kawasan tersebut.

"Anggaran yang digunakan untuk SMP N 34 mencapai Rp1,1 miliar," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten