SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

image

Harianjogja.com, JOGJA- Tiga kereta Kuto Kaharjo, Kus Gading, dan Kus puspokomanik dipersiapkan di Halaman Bangsal Magangan, Senin (20/10/2013) pagi.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Kereta- kereta yang masing- masing ditarik oleh sepasang kuda itu sedianya akan menjemput calon manten pria, KPH Notonegoro di Dalem Mangkubumen (barat Pasar Ngasem).

Di Bangsal Magangan, kereta- kereta itu tengah menunggu utusan dalem yang diminta menjemput Notonegoro. Rencananya, utusan dalam itu adalah KRT Jatiningrat dan KRT Yudahadiningrat.

Adalah kereta Kus Gading yang bakal dinaiki oleh Notonegoro. Menurut Abdi Dalem Kuda, Widodo kereta itu dibuat pada 1901 di Amsterdam. “Kereta itu dulu dipakai sederek- sederek (saudara) sultan. Dipilih untuk tumpangan manten karena ukurannya yang lebih besar aja,” jelasnya.

Sekembalinya ke Bangsal Magangan, Notonegoro diantar ke Bangsal Kasatriyan lewat pintu belakang Kraton. Di Kasatriyan, Notonegoro bakal melakukan prosesi nyantri dan siraman.
(Andreas Tri Pamungkas/JIBI/Harian Jogja).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya