SOLOPOS.COM - KPH Notonegoro dan GKR Hayu. (JIBI/Harian Jogja/Andreas Tri Pamungkas)

Harianjogja.com, JOGJAKomunitas Pedagang Malioboro menyiapkan sebanyak 75 gerobak angkringan [tempat berjualan makanan khas Jogja] untuk perhelatan Pawiwahan Ageng GKR Hayu dan KPH Notonegoro, Rabu (23/10/2013).

Gerobak itu akan diisi sebanyak 5.000 nasi bungkus dan 5.000 jajan pasar, buah-buahan dan bakpia bagi masyarakat yang menyaksikan gelaran tersebut. “Semua ini kami lakukan secara swadaya. Ini lahir dari inisiatif dari pedagang untuk ikut merayakan Pawiwahan Ageng,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro Rudiarto, di Kantor UPT Malioboro, Selasa (22/10/2013) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengungkapkan, gerobak angkringan tersebut dipasang mulai pukul 06.00 WIB di sepanjang rute pawai, di jalur lambat dari titik nol hingga Kepatihan. Selain hidangan gratis, lanjut dia, kawasan tersebut juga akan bebas dari aktivitas perdagangan dan parkir.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebanyak 600 pedagang yang biasa berdagang di kawasan tersebut akan libur. Adapun 250 petugas telah disiapkan untuk mengamankan dan membentuk pagar betis.

“Nanti para pengunjung bisa menikmati setelah iring-iringan lewat. Nanti teman-teman yang akan mengkoordinirnya,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan itu, semalam, pihak UPT Malioboro mulai membersihkan kawasan tersebut. Selain membersihkan dari kotoran dan sampah, pihak UPT juga melakukan penyemprotan. “Tujuannya agar baunya hilang dan menjaga kebersihan di daerah tersebut,” kata Kepala UPT Malioboro, Syarief Teguh Prabowo menambahkan.

Disinggung mengenai antisipasi parkir para pengunjung yang akan menyaksikan acara tersebut, Ketua Parkir Kota Jogja, Ignatius Hanarto mengatakan para pengunjung bisa memanfaatkan jalan ventilasi di sekitar Jalan Malioboro.

Selain itu mereka juga bisa memanfaatkan sejumlah kantong parkir seperti Tempat Khusus Parkir (TKP) Malioboro II dan III. “Untuk Malioboro I akan dimaksimalkan untuk  parkir para tamu undangan. Kami sendiri telah menyiapkan 30 orang tukang parkir di kawasan Malioboro,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya