SOLOPOS.COM - KPH Notonegoro (tengah) berjalan meninggalkan menuju Bangsal Kasatriyan, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (22/10/2013) usai ijab kabul. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Begitu keluar dari Masjid Panepen, Kraton, Kanjeng Pangeran Notonegoro tampak menebar senyum. Wajahnya tampak sumringah seolah sudah lega karena telah dinikahkan oleh ayah mertuanya sendiri, ia berulang melambaikan tangan ke pewarta foto yang tengah menunggu di luar.

Usai menjalani ijab kabul, Notonegoro dengan dipimpin Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Hadiwinoto kembali ke Bangsal Kasatriyan. Melalui pengiring gamelan dan Bangsal Kencana (lokasi panggih), Notonegoro dengan mengenakan baju atela terlihat santai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan ketika melihat seorang pewarta fotografer yang saling tumbukan dengan fotografer lainnya  karena terburu mengejar momen iring- iringan itu, Notonegoro sempat menggoda. “Hayo- hayo…” celetuk Notonegoro meledek sambil mengembangkan senyumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sekitar pukul 07.32 WIB, Notonegoro resmi melepas masa lajangnya . Dengan menggunakan bahasa J awa, pria bernama kecil Angger Pribadi Wibowo itu melangkungkan ijab kabul pernikahan di Masjid Panepen.

Adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X, ayah mertuanya sendiri yang menikahkan Notonegoro. Dengan mengenakan baju taqwa, Sultan duduk di depan meja menghadap ke timur membelakangi Mi’rab di bangunan utama masjid seluas 7X6 meter.

Duduk di samping kanan Sultan (selatan), dua adiknya, yakni KGPH Hadiwinoto dan GBPH Prabukusumo. Sementara di samping kirinya (menghadap ke selatan) adalah penghulu KRT Haji Ahmad Kamaludiningrat, dan Kepala KUA Suparno yang semalam batal hadir dalam prosesi tantingan.

Dalam ijab itu, Notonegoro menyerahkan mas kawin berupa Alquran dan seperangkat alat salat. Sejarahwan UGM Prof Djoko Suryo yang ikut masuk dalam prosesi ijab itu menyaksikan  Notonegoro sempat terlihat gugup . “Nervous tapi tetap tenang,” (Andreas Tri Pamungkas/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya