SOLOPOS.COM - ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA-Pagi ini mulai pukul 07.00 WIB, ijab kabul akan digelar di Masjid Panepen, Kompleks Kraton. Ijab Kabul ini hanya diikuti kerabat, penghulu, Sultan dan Notonegoro.
Sementara mempelai wanita GKR Hayu tidak ikut prosesi ijab kabul. Sebaliknya GKR Hayu akan langsung bersiap untuk prosesi panggih.

Upacara panggih akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Selain panggih, hari ini juga akan ada prosesi acara pondhongan. Pada acara panggih Hayu akan mengenakan busana adat Kraton, yaitu basahan.Prosesi akan dilanjutkan dengan Tompo Koyo di Bangsal Kasatriyan mulai pukul 12.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kanjeng Raden Tumenggung, Jatiningrat, Kerabat Kraton mengatakan pondhongan itu adalah tradisi untuk menjunjung tinggi kehormatan perempuan.”Pondhongan simbol tetimbangan mukti atau balance. Suatu simbol supaya mendapatkan kebahagiaan bersama. Sedih gembira bersama,” tutur pria yang akrab dipanggil Romo Tirun tersebut.

Tradisi itu sekaligus menurutnya sebagai simbol bahwa di Kraton tidak ada istilah istri itu hanyalah sekadar konco wingking yang memposisikan kedudukan istri lebih rendah. “Inilah piwulang yang diberikan Kraton. Sudah sejak lama demikian,” katanya.

Menjadi satu dengan prosesi itu adalah ritual panggih. Panggih adalah prosesi bertemunya pengantin perempuan dengan pengantin pria usai akad nikah. Prosesi ini lebih dulu dilakukan sebelum ritual pondhongan tersebut.

Selama prosesi ini berlangsung, masyarakat diharapkan mengindari jalan-jalan tertentu karena akan ditutup. Penutupan jalan, yaitu Jalan Kauman (Kantor Pos Besar ke arah Jl Trikora dan Jalan Ibu Ruswo) dan simpang tiga Wijilan. Jalan Senopati dan Jalan KH A. Dahlan secara selektif dilaksanakan buka tutup arus diarahkan ke Jalan Bhayangkara serta Jalan Senopati (Perempatan Gondomanan akan ditutup total) dialihkan ke Jalan Mataram dan Jalan Sultan Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya