SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Royal wedding putri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan banyaknya acara di Jogja berdampak pada peningkatan order biro perjalanan di Solo.

Pemilik Batari Kencana Tour & Travel, Mirza Ananda, mengatakan selema sepekan terakhir menerima order dadakan. Order tersebut biasanya adalah individu yang ingin melihat langsung pernikahan dan menghadiri acara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hotel di Jogja sudah penuh jadi mereka biasanya lari [menginap] ke Solo sekaligus biasanya mereka juga jalan-jalan di Solo,” ungkap Mirza kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/10/2013).

Tamu dadakan tersebut sekitar 10-20 orang yang tidak mendapat tempat menginap di Jogja. Mirza menyampaikan pelancong tersebut tidak hanya memesan tiket pesawat atau bus tapi juga memesan kamar dan kelengkapan lainnya seperti rental mobil untuk perjalanan ke Jogja.

Dia menuturkan saat Jogja ramai biasanya Solo selalu mendapat imbas dari keramaian tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan Operation Manager Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki. Dia mengaku mendapat pesanan perjalanan dan tempat menginap bagi rombongan dari Jakarta yang ingin menyaksikan royal wedding tersebut.

Rombongan yang terdiri atas 20 orang tersebut menurut Endang tidak hanya menyewa bus tapi juga memesan kamar dan tur wisata di Solo dan Jogja. Menurut dia, semua hotel di Jogja, hotel berbintang dan melati, sudah penuh sehingga rombongan tersebut akan menginap di Solo.

“Solo biasanya selalu menerima limpahan dari Jogja jadi ini memang bukan yang pertama,” ujar Endang.

Lebih lanjut, dia mengatakan pada November-Desember, sudah banyak wisatawan yang memesan untuk berlibur di Solo. Dari sekian banyak yang sudah memesan, Endang mengatakan kebanyakan merupakan wisatawan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya