Roy Suryo Tegaskan Kasus Video Syur Bisa Menimpa Siapa Saja
Menpora Roy Suryo. Ist/Liputan6.com

Solopos.com, JAKARTA – Pakar telematika Roy Suryo mengingatkan kepada semua pihak agar waspada dengan keamanan digital. Dia menyebut kasus video syur mirip Gisel yang ramai akhir pekan lalu merupakan bentuk kejahatan teknologi.

Hal tersebut bisa menimpa siapa saja, termasuk masyarakat awam.

"Kehati-hatian ya. Kondisi ini bukan hanya bisa menimpa para artis ya. Kondisi ini bisa menimpa pada semua masyarakat, artinya masyarakat awam bisa menjadi korban saya bilang ini kejahatan teknologi ya," ungkap Roy Suryo seperti dikabarkan Detik.com, Senin (9/11/2020).

Puncak Merapi Bergemuruh Muntahkan Guguran Lava 

Dia menyebut konten video syur mirip Gisel itu direncanakan oleh pelakunya. Sayangnya, konten tersebut mungkin saja diretas oleh pihak tertentu.

"Penyebaran ini bisa muncul tidak sengaja kita menggunakan wifi publik yang bisa diretas. Orang bisa tahu apa yang sedang ada berlangsung dalam jaringan itu. Atau ini sengaja direkam. Kalau ini jelas ini pasti haqul yaqin ini sengaja direkam karena justru yang merekam ceweknya sebelum melakukan," sambung Roy Suryo.

Respons Roy Marten Soal Video Syur Mirip Gisel

Roy Suryo lantas menceritakan kasus lama berupa peredaran video Bandung Lautan Asmara. Video itu tersebar akibat kelalaian yang berujung pada kejahilan.

"Seperti dulu heboh kasus orang bilang 'Bandung Lautan Asmara' itu si cowoknya kan nggak bisa merekam ke VCD. Zaman dulu belum ada DVD, kemudian minta tolong orang dan orang tersebu setelah merekam ke VCD, ia tidak menghapus kontennya dalam komputernya, setelah itu ia katakanlah merekam itu dan kemudian menyebarkannya. Jadi hati-hati betul terhadap ini semua," tukas Roy Suryo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom