SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi (kemeja putih) saat meninjau vaksinasi door to door di Segaran, Delanggu, Senin (13/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (13/9/2021), melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Soloraya yakni Klaten, Sukoharjo, dan Solo. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, bagi-bagi sembako, kaus dan uang, hingga beraudiensi dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN).

Pada tinjauan vaksinasi door to door di Klaten, Jokowi sempat bertemu dengan Joko Widodo, seorang pandai besi di Sorotakan Ngledok RW 003, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kisah pertemuan Presiden RI, Jokowi, dengan pandai besi, Joko Widodo, bermula saat presiden RI mendekati salah seorang peserta vaksinasi. Di saat meninjau itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanyakan nama seorang peserta vaksinasi berkaus putih dan dijawab dengan menyebutkan namanya, yakni Joko Widodo.

Baca juga: Blusukan ke Delanggu Klaten, Jokowi Borong Intip dan Bagi-Bagi Uang

Mendengar jawaban itu, Presiden Jokowi sempat tertawa. Sejurus kemudian, Presiden Jokowi berniat menunggui pria Klaten itu mengikuti vaksinasi dari proses pendataan hingga penyuntikan.

“Saya senang sekali [ditunggui Pak Jokowi tadi]. Semalaman itu saya tak bisa tidur. Saya deg-degan juga pas bertemu Pak Jokowi. Saya sampai menangis. Awalnya saya tak percaya kalau Pak Jokowi akan datang ke sini. Masak, Presiden mau ke sini. Atase orang desa ditemui presiden,” kata Joko Widodo.

Memborong Intip

Di Sorotakan Ngledok ada 13 orang yang tinggal di 11 rumah menjalani vaksinasi secara door to door oleh tim medis Klaten.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi memborong intip atau kerak nasi yang dijual warga di Sorotakan Ngledok. Selain memborong intip, Jokowi juga membagikan kaus, buku, dan uang kepada warga.

Baca juga: Mantul! Joko Widodo Pandai Besi Klaten Kantongi Rp5 Juta/Bulan Selama Pandemi Covid-19

Selama meninjau lokasi vaksinasi di Segaran, Jokowi dielu-elukan warga setempat. Saat bertemu pelajar, Jokowi memberikan buku. Sedangkan saat bertemu dengan warga/lansia, Jokowi memberikan kaus/uang.

“Pak Jokowi memang sempat belanja juga. Setahu saya, yang dibawa pulang itu intip. Kalau makanan lainnya dibeli lalu dibagi-bagikan ke warga,” kata Kepala Desa (Kades) Segaran, Kecamatan Delanggu, Budi Raharja.

Selain di Klaten, Jokowi juga meninjau vaksinasi di Sukoharjo. Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pelajar di SMA Negeri 1 Kartasura serta vaksinasi door to door di Kampung Brotowiryan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Kartasura.

“Dalam kesempatan itu Presiden juga memberikan sembako kepada warga setempat,” Kabag Humas Pemkab Sukoharjo Budi Santosa. Penerima vaksin di Kampung Brotowiryan, menurutnya, ada sebanyak 500 warga.

Baca juga: Warga Delanggu Klaten Antusias Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Selanjutnya, kedatangan Presiden Jokowi di Kota Solo disambut suka cita puluhan pedagang Pasar Kleco, Karangasem, Laweyan, dan warga, di pinggir Jl. Slamet Riyadi Solo, Senin siang.

Saat menunggu rombongan Presiden lewat, warga mendapat bantuan paket sembako dari aparat keamanan. Bantuan tersebut terdiri beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula pasir, teh celup dan biskuit.

Warga Senang Dapat Sembako

Salah seorang pedagang Pasar Kleco, Marsiyem, 50, merasa senang bisa mendapatkan bantuan sembako dari presiden. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini bantuan sembako sangat diharapkan warga.

“Saya datang sekitar pukul 09.00 WIB menunggu kedatangan Pak Jokowi. Alhamdulillah saya dapat bantuan sembako, isinya biskuit, teh celup, gula pasir satu kilogram, beras lima kilogram, dan minyak satu liter,” ujar dia.

Baca: Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelajar SMAN 1 Kartasura Sukoharjo, Warga Berkerumun Dibubarkan Paspampres

Rombongan Jokowi melintas di depan Pasar Kleco sekitar pukul 10.46 WIB. Rombongan Presiden tak berhenti di lokasi itu. Tapi Jokowi yanga kan melanjutkan agenda ke kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka kaca jendela mobilnya dan melambaikan tangan ke warga.

Kunjungan Jokowi kemarin diwarnai penangkapan 10 mahasiswa UNS Solo oleh aparat keamanan. Sebagian dari mahasiswa ini sebelumnya melakukan aksi membentangkan poster-poster di beberapa titik di tepi Jl. Ir. Sutami, kawasan depan kampus.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS, Zakky Musthofa Zuhad mengonfirmasi bahwa 10 mahasiswa tersebut adalah rekannya.

“Iya sekarang mereka dibawa ke Mapolresta [Solo]. Tadi teman-teman hanya ingin menyampaikan aspirasi lewat poster, tapi kemudian ditangkap. Kami juga tidak tahu salah kami dimana. Kami tertib, tidak berkumpul, poster-poster yang dibentangkan juga isinya sopan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Baca juga: Selain Tinjau Vaksinasi, Presiden Jokowi Juga Bagikan Sembako di Kartasura Sukoharjo



Zakky menjelaskan, bahwa aksi dilakukan agar aspirasi mereka didengar oleh Presiden Jokowi secara langsung.

Diantar Petugas ke UNS

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menyatakan 10 mahasiswa UNS itu telah dikembalikan ke kampus pada Senin (13/9/2021) siang menjelang sore.

“Tadi siang menjelang sore ke-10 adik-adik mahasiswa sudah diantar petugas ke UNS,” terangnya kepada awak media, Senin malam.

Baca juga: Polisi Pulangkan 10 Mahasiswa UNS Solo, Kapolresta: Tidak Ada Penangkapan!

Kapolresta menegaskan tidak ada tindakan penangkapan terhadap para mahasiswa tersebut. Mereka hanya dimintai klarifikasi dan diberikan pemahaman terkait kebebasan menyampaikan pendapat.

Sementara itu, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan tidak mengetahui peristiwa penangkapan 10 mahasiswa anggota BEM tersebut. “Saya tidak tahu itu, saya posisinya sedang berada di dalam kampus menunggu Pak Jokowi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya