Round Up: Covid-19 Kian Landai, Mertua SBY Berpulang

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM dan akan mengevaluasinya tiap dua pekan, tak ada lagi yang level 4.

 Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu mertuanya, almarhumah Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto, beserta anak dan cucunya berfoto bersama. [Instagram@agusyudhoyono]

SOLOPOS.COM - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu mertuanya, almarhumah Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto, beserta anak dan cucunya berfoto bersama. [Instagram@agusyudhoyono]

Solopos.com, JAKARTA — Beragam peristiwa menarik terjadi dalam 24 jam terakhir. Berikut rangkuman beberapa berita yang mungkin Anda lewatkan.

Situasi pandemi Covid-19 kian menunjukkan tanda-tanda positif. Kasus harian Covid-19 yang kian turun membuat kini tak ada lagi daerah di Jawa-Bali yang masuk kategori level 4 dalam PPKM yang kembali diperpanjang pemerintah.

Saat menyampaikan keterangan pers, Senin (21/9/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan berbeda dengan PPKM sebelumnya, evaluasi level kini akan dilakukan selama dua pekan.

PPKM Level 1-4 untuk wilayah Jawa dan Bali diperpanjang dari 21 September 2021 hingga 4 Oktober 2021.

Luhut menyampaikan akan dilakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Hal itu dilakukan karena kondisi Covid-19 yang semakin baik, serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan Peduli Lindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian dan juga pengetatan aktivitas masyarakat pada minggu ini.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DIY dan Surabaya,” kata Luhut dalam konferensi pers, dikutip Bisnis.com dari YouTube Setpres, Senin.

Tren Perbaikan

Luhut menyatakan kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren perbaikan. Hal ini terlihat dari kasus aktif tercatat di bawah 60.000, kasus harian turun hingga 98 persen dari titik puncak pada 15 Juli 2021.

“Dari perbaikan tersebut, tidak ada lagi kabupaten/kota yang ada di level 4 di Jawa-Bali, ada di level 3 dan 2,” kata Luhut dalam keterangan pers secara virtual seperti dikutip Bisnis.com, Senin (21/9/2021) petang.

Baca Juga: Almarhumah Bu Ani Sangat Mengidolakan Sang Ibunda

Selain itu, Luhut menyebut per Senin, kasus baru Covid-19 mencapai 1.932, kasus sembuh 6.799, dan kasus meninggal mencapai 166. “Angka ini kerja keras semua tim, hasilnya menggembirakan,” ujarnya.

Meskipun demikian, Luhut mengingatkan pesan dari Presiden Jokowi agar seluruh pihak tetap waspada karena bukan tidak mungkin ada gelombang ketiga.

“Kami juga sudah melakukan sejumlah persiapan sejak ada terpaan varian Delta pada pertengahan Juli 2021 lalu,” ujarnya.

Dampak positif dari tidak adanya lagi level 4 di Jawa-Bali, transportasi antarpulau akan kembali longgar. Hal ini akan memicu pertumbuhan ekonomi di dua pulau tersebut.

Kabar Duka

Sementara itu, kabar duka datang dari keluarganya Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ibu mertua SBY atau ibunda dari almarhumah Ani Yudhoyono, yakni Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo, meninggal dunia. Ibu mertua SBY meninggal dunia pada hari ini Senin (20/9/2021) pukul 17.45 WIB.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh Ossy Dermawan, selaku staf pribadi SBY. “Telah meninggal dunia ibunda dari Ibu Ani Yudhoyono/mertua Bapak SBY Ibu Hj. Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo (Ibu Ageng) pada hari ini, 20 September 2021 pukul 17.45 WIB di usia ke-91 tahun,” kata Ossy dalam keterangannya, Senin.

Cucu dari Sunarti yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kabar duka meninggalnya sang eyang. “Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, eyang kami tercinta, Hj Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto (Ibu Ageng Sarwo Edhie Wibowo),” kata AHY.

AHY dalam keterangan yang ditulis Ossy mengatakan, ibu mertua SBY meninggal dunia dalam usia 91 tahun karena sakit.

Kendati begitu tidak disebutkan secara detail sakit yang diderita almarhumah.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini : 21 Oktober 1944, Serangan Kamikaze Pertama

Beragam peristiwa terjadi pada 21 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari ini, salah satunya serangan kamikaze untuk kali pertama oleh pasukan Jepang.

Nekat! Pemuda Mabuk di Minahasa Panjat Tower Listrik

Aksi pemuda di Watudambo, Minahasa Utara, Sulawesi Utara sungguh nekat, dalam kondisi mabuk memanjat tower listrik

Sindikat Narkoba Dibongkar, 22 Kg Sabu Disita

Pengungkapan kasus narkoba tersebut berawal dari penangkapan tersangka pertama pada 16 September 2021 di Kabupaten Deli Serdang, dengan barang bukti 0,13 gram sabu-sabu.

Keroyok Anggota TNI AU, Lima Orang di Medan Ditangkap

Pengeroyokan anggota TNI AU tersebut terjadi di Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

PD Masuk Tiga Besar, Elektabilitas PDIP Terus Turun

Naiknya tingkat elektabilitas Partai Demokrat antara lain karena posisinya sebagai oposisi sehingga dapat memanfaatkan kekurangan kebijakan pemerintah,

Istri Diganggu, Martil Bicara

Antara tersangka dan korban ada terjadi perselisihan di mana korban sering mengganggu istri tersangka.

Polisi Memaksa Periksa HP di Jalan, Kompolnas: Tolak!

Kewenangan polisi dalam memeriksa identitas dan ranah privasi seseorang harus dilakukan sesuai prosedur.

Miris! Pemuda Ini Meninggal Gegara Duburnya Dipompa Teman yang Jail

Nasib malang menimpa seorang pemuda yang dijaiil temannya dengan memompa kompresor ke duburnya.

Polisi Usut Video Mesum Pemain Game Online

Wanita dalam video itu disebut merupakan salah satu gamers atau pemain game online dengan nama samaran Lele.

Skandal Aborsi Aktor Kim Seon Ho dan Kisah Babybox di Korea Selatan

Penggemar drama Korea Selatan sedang dihebohkan dengan skandal aktor Kim Seon Ho yang mendorong kekasihnya untuk aborsi.

Lorong Misterius di Bawah Kodim Banyuwangi, Semisterius Apa?

Kodim 0825 Banyuwangi dulunya adalah kediaman warga Belanda, lorong bawah tanah diduga tempat persembunyian,

Indonesia Kembali Terima Bantuan 1,2 Juta Dosis Vaksin

Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan jutaan dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin ini merupakan bantuan dari negara sahabat.

Lima Besar Kandidat Penerima Kusala Sastra Khatulistiwa 2021

Penyair Raedu Basha mengatakan sastra Indonesia berkembang dari upaya anak-anak muda yang terus berusaha membuat sastra Indonesia berkembang.

Tolak Damai, Korban Pencabulan Kapolsek Tuntut Hukuman Maksimal

Keluarga menyambut baik kecepatan Polda Sulteng dan langsung mengusut serta mencopot Iptu I Dewa Gede Nurate itu dari jabatannya.

ANIES Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Deklarator ANIES, Laode Basir, mengatakan kegiatan ini bermula dari diskusi empat tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta.

SBY Pamer Lukisan Replika Jepretan Almarhumah Istri, Langit Senja

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memamerkan lukisan terbarunya, langit senja, merupakan replika foto karya almarhumah Ani Yudhoyono.