Round Up: Covid-19 Kian Landai, Mertua SBY Berpulang

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM dan akan mengevaluasinya tiap dua pekan, tak ada lagi yang level 4.

 Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu mertuanya, almarhumah Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto, beserta anak dan cucunya berfoto bersama. [Instagram@agusyudhoyono]

SOLOPOS.COM - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu mertuanya, almarhumah Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto, beserta anak dan cucunya berfoto bersama. [Instagram@agusyudhoyono]

Solopos.com, JAKARTA — Beragam peristiwa menarik terjadi dalam 24 jam terakhir. Berikut rangkuman beberapa berita yang mungkin Anda lewatkan.

Situasi pandemi Covid-19 kian menunjukkan tanda-tanda positif. Kasus harian Covid-19 yang kian turun membuat kini tak ada lagi daerah di Jawa-Bali yang masuk kategori level 4 dalam PPKM yang kembali diperpanjang pemerintah.

Saat menyampaikan keterangan pers, Senin (21/9/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan berbeda dengan PPKM sebelumnya, evaluasi level kini akan dilakukan selama dua pekan.

PPKM Level 1-4 untuk wilayah Jawa dan Bali diperpanjang dari 21 September 2021 hingga 4 Oktober 2021.

Luhut menyampaikan akan dilakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Hal itu dilakukan karena kondisi Covid-19 yang semakin baik, serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan Peduli Lindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian dan juga pengetatan aktivitas masyarakat pada minggu ini.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DIY dan Surabaya,” kata Luhut dalam konferensi pers, dikutip Bisnis.com dari YouTube Setpres, Senin.

Tren Perbaikan

Luhut menyatakan kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren perbaikan. Hal ini terlihat dari kasus aktif tercatat di bawah 60.000, kasus harian turun hingga 98 persen dari titik puncak pada 15 Juli 2021.

“Dari perbaikan tersebut, tidak ada lagi kabupaten/kota yang ada di level 4 di Jawa-Bali, ada di level 3 dan 2,” kata Luhut dalam keterangan pers secara virtual seperti dikutip Bisnis.com, Senin (21/9/2021) petang.

Baca Juga: Almarhumah Bu Ani Sangat Mengidolakan Sang Ibunda

Selain itu, Luhut menyebut per Senin, kasus baru Covid-19 mencapai 1.932, kasus sembuh 6.799, dan kasus meninggal mencapai 166. “Angka ini kerja keras semua tim, hasilnya menggembirakan,” ujarnya.

Meskipun demikian, Luhut mengingatkan pesan dari Presiden Jokowi agar seluruh pihak tetap waspada karena bukan tidak mungkin ada gelombang ketiga.

“Kami juga sudah melakukan sejumlah persiapan sejak ada terpaan varian Delta pada pertengahan Juli 2021 lalu,” ujarnya.

Dampak positif dari tidak adanya lagi level 4 di Jawa-Bali, transportasi antarpulau akan kembali longgar. Hal ini akan memicu pertumbuhan ekonomi di dua pulau tersebut.

Kabar Duka

Sementara itu, kabar duka datang dari keluarganya Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ibu mertua SBY atau ibunda dari almarhumah Ani Yudhoyono, yakni Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo, meninggal dunia. Ibu mertua SBY meninggal dunia pada hari ini Senin (20/9/2021) pukul 17.45 WIB.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh Ossy Dermawan, selaku staf pribadi SBY. “Telah meninggal dunia ibunda dari Ibu Ani Yudhoyono/mertua Bapak SBY Ibu Hj. Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo (Ibu Ageng) pada hari ini, 20 September 2021 pukul 17.45 WIB di usia ke-91 tahun,” kata Ossy dalam keterangannya, Senin.

Cucu dari Sunarti yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kabar duka meninggalnya sang eyang. “Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, eyang kami tercinta, Hj Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto (Ibu Ageng Sarwo Edhie Wibowo),” kata AHY.

AHY dalam keterangan yang ditulis Ossy mengatakan, ibu mertua SBY meninggal dunia dalam usia 91 tahun karena sakit.

Kendati begitu tidak disebutkan secara detail sakit yang diderita almarhumah.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kronologi Versi MTs Harapan Baru Ciamis, Berawal dari Siswa Terpeleset

Pihak MTs Harapan Baru Ciamis menyebut kronologi 11 siswa tenggelam berawal dari siswa terpeselet dan temannya mencoba membantu saat berada di tepi Sungai Cileueur.

Olala... Nenek Ini Shock Berat Kejatuhan Meteorit di Tempat Tidurnya

Batu tersebut tidak mengenai tubuh tapi tetap saja banyak berserakan puing-puing di wajah dan tubuh si nenek akibat hantaman or tak diundang tersebut.

Giliran Anak, KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

KPK menangkap anak mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, yakni Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat, 15 Oktober 2021 malam.

Kasus Bullying Siswa SD di Jepara, Disdikpora: Sudah Damai

Masalah aksi bullying siswa SD di Jepara yang vidoenya viral dinyatakan sudah selesai oleh Disdikpora Jepara.

Siswa SD di Jepara Jadi Korban Bullying, Reaksi Ortu Pelaku Bikin Emosi

Video seorang siswa SD di Jepara yang jadi korban bullying teman sekelasnya viral di twitter.

Ada Campur Tangan Pemancing di 2 Tragedi Susur Sungai Ciamis dan Sempor

Kisah pemancing menyelamatkan peserta susur Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat juga terjadi saat tragedi susur Sungai Sempor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tragedi Susur Sungai Sempor Terulang, Tahun Lalu 10 Siswa Meninggal

Tragedi susur sungai yang menyebabkan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman meninggal 1,5 tahun lalu terulang dan menimpa 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis Dimakamkan, Keluarga: Ini Takdir

Keluarga mengikhlaskan kepergian korban susu sungai, dan menganggapnya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Gempa M 4,8 Guncang Bali, 3 Orang Meninggal, 7 Patah Tulang

Tiga orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di 8 km barat laut Karangasem, Bali, itu.

Susur Sungai Tewaskan 11 Siswa MTs di Ciamis, Kemenag Akan Evaluasi

Kemenag turut berduka cita dan mendoakan siswa-siswa yang menjadi korban dalam kejadian itu.

10 Berita Terpopuler : Prestasi Pebulu Tangkis Vito - Rubicon Ketemu

Sosok pebulu tangkis asal Sukoharjo Shesar Hiren Rhustavito hingga kabar Rubicon yang hilang dicuri ditemukan masuk jajaran berita terpopuler pagi ini.

Pemerintah bakal Moratorium Izin Pinjaman Online

Kominfo sejak 2018 hingga 15 Oktober 2021 telah menutup 4.874 akun pinjaman online.

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.

Sedih! 11 Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 2 dari Jateng

Tragedi susur sungai di Ciamis menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam, di mana dua di antaranya dari Jateng.