SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Hingga Rabu (1/4/2020) sore, ada penambahan 11 pasien positif virus corona di Jateng. Alhasil, total keseluruhan kasus di wilayah pimpinan Ganjar Pranowo ini sebanyak 104 orang terkonfirmasi positif.

Dari 104 kasus positif tersebut, sebanyak delapan orang dinyatakan telah sembuh dari virus corona. Mereka sembuh setelah menjalani tes swab tenggorokan sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Darurat Kesehatan Setelah Ratusan Kematian Pasien Corona, Yusril: Terlambat

Delapan orang sembuh dari corona ini masing-masing berasal dari RS KRMT Wongsonegoro Semarang empat orang, RSUD dr Moewardi Solo tiga orang, dan RSU Telogorejo Semarang satu orang.

Belajar dari China, Limbah Infeksius Covid-19 Bisa Jadi Masalah Baru

Sementara itu, untuk kasus positif corona meninggal dunia tetap tujuh orang, tidak ada penambahan. Tujuh pasien corona yang meninggal dunia itu masing-masing berasal dari RSUD Dr Moewardi Solo empat orang, RSUP dr Kariadi Semarang dua orang, dan RSU dr Soedjono Magelang satu orang.

Kasus Baru di Klaten

Di salah satu kabupaten di Jateng, Klaten satu kasus positif virus corona baru di wilayah yang terkenal dengan wisata airnya ini.

Satu orang positif corona di Klaten kini diisolasi di RSD Bagas Waras Klaten. Pasien berjenis kelamin lelaki ini tertular Covid-19 ketika bekerja di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Pemkot Madiun Siapkan Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, dia diduga tertular virus corona atau Covid-19 saat melakukan pengukuran tanah di Surabaya pada 10-12 Maret. Saat itu, dia berangkat bersama dua temannya dari Jakarta.

“Pada 10-12 Maret yang bersangkutan bersama dua temannya. Satu orang sehat dan satu orang sakit demam seperti masuk angin," jelas Cahyono dalam konferensi pers, Rabu (1/4/2020).

29 Orang Dites RDT Karena Kontak Dengan Pasien Positif Covid-19 Klaten, Hasilnya?

Teman yang sakit itu dirawat di rumah sakit Jakarta mulai 15 Maret 2020. Pada 20 Maret, teman itu terkonfirmasi terjangkit Covid-19.

"Kesimpulan kami yang bersangkutan [warga Klaten yang positif corona] dimungkinkan tertular pada 10-12 Maret saat di Surabaya,” kata dia.

Update Jumlah Corona: Kasus di Amerika Serikat Dekati 200.000

Adanya kasus baru di Klaten ini, membuat Bupati Sri Mulyani menerapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) corona di wilayahnya.

Kesempatan yang sama, Sri Mulyani meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kasus positif corona di wilayahnya. Tetapi, warga Klaten harus waspada dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya