SOLOPOS.COM - Siswi SMA Islam Diponegoro Solo Nura Najib Alkatiri. (Solopos-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO -- Roti berbahan dasar gembili mengantarkan Nura Najib Alkatiri, siswi SMA Islam Diponegoro Solo, meraih juara 1 tingkat nasional kompetisi wirausahawan muda, Junior Enterpreneur Bussines Plan Competition.

Kompetisi yang diadakan Bank CIMB Niaga tersebut diselenggarakan Kamis (23/1/2020) lalu. Atas prestasinya, siswa Kelas XI tersebut membawa pulang hadiah uang senilai Rp25 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nura mengatakan ide dasar usaha pembuatan roti itu adalah pengolahan makanan khas sekaligus bermanfaat bagi kesehatan, khususnya yang dapat mencegah penyakit diabetes.

Gowes ke Boyolali, Pria Klaten Meninggal Kecemplung Jurang

Nura pun memilih gembili sebagai bahan dasar pembuatan roti tersebut. Menurut literatur yang dia pelajari, gembili memiliki kadar gula paling rendah dibandingkan ubi lainnya sehingga cocok untuk mewujudkan ide tersebut.

Selain itu, gembili juga relatif mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional.

“Ubi gembili mengandung rendah gula sehingga baik untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh. Ubi ini juga banyak di pasar,” ujar Nura saat ditemui di sekolahnya, Rabu (6/2/2020).

China Investigasi Kematian Dokter yang Peringatkan Soal Wabah Corona

Warga Pasar Kliwon Solo itu memilih roti sebagai bentuk olahan ubi karena populer di masyarakat dan bisa dinikmati semua kalangan.

Untuk mengikuti kompetisi, ide itu digodok bersama guru pembimbingnya Zakaria Sandy Pamungkas.

“Sempat mengalami kegagalan, tetapi setelah dilakukan perbaikan dalam pengolahan, hasil rotinya jadi bagus,” imbuh Nura.

Pemilik Mi Ayam Tumini Yogya Meninggal Jadi Trending Topic

Berbekal keyakinan dan doa, proposal usaha roti tersebut dikirimkan kepada pihak penyelenggara. Dan dari peserta dari berbagai daerah di Indonesia, ide usaha Nura ini termasuk dalam lima besar dan ikut ajang final di Jakarta.

Menurut Nura, dalam presentasinya dia sudah mempersiapkan pemasaran produknya melalui media sosial.

“Kami pasarkan melalui Instagram, Facebook, dan lainnya. DI sana kami juga sudah menyiapkan brosur dan banner yang berisi informasi mengenai produk kami. Dan Alhamdulillah saya menang,” ujarnya.

Deddy Corbuzier Geram Banyak Berita Hoaks tentang Virus Corona

Nura bercita-cita roti yang diberi nama Roti Rengganis itu bisa menjadi salah satu makanan khas Solo.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Diponegoro Solo, Ahmadi, mengatakan segera mamatenkan produk Nura tersebut.

Di sisi lain sekolahnya memang berkomitmen mendorong siswanya untuk menampilkan potensi masing-masing di bidang apa pun.

“Sejak beberapa bulan lalu kami ada MoU dengan perguruan tinggi untuk mendatangkan pengajarnya ke sekolah untuk beberapa bidang supaya potensi anak maksimal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya